Pengalaman Membeli Es Kepal Milo yang Rasanya 'Anu' Banget

Sudah pada nyoba Es Kepal Milo yang lagi hits banget itu belum guys? Nah, postingan kali ini gue bakal cerita tentang Es Kepal Milo yang lagi booming banget di jagat maya Indonesia. Awalnya sih kagak tahu apa itu Es Kepal Milo, nah dengar pertama kali dari cucu guru di sekolah tempat ngajar. Suatu hari doi dengan hebohnya cerita mau traktir teman-temannya es tersebut saat ulang tahun. Saat itu, gue sih agak penasaran tapi berlalu begitu saja.


Tak lama berselang, Es Kepal Milo kembali menghantui gue lewat teman satu tempat kuliah. Di hari Minggu yang cukup mager, doi ngajakin ke CFD Jalan Ijen dan sekitarnya. Dan sedari ketemu di pagi yang ramai banget,  doi udah ngotot ngajakin beli yang namanya Es Kepal Milo. Nah setelah senam zumba yang cuma beberapa menit, kita berdua berburu es tersebut. Sepanjang jalan, satu, dua, tiga, empat, dan ternyata banyak banget penjual es ini. Kita bingung ya milih yang mana, akhirnya mengikuti teori lama. Yang rame, itu yang enak makanya laris.

Nah, jadilah kita berdua melipir ke stand penjual Es Kepal Milo di salah satu sudut Pasar Minggu di sekitaran Stadion Gajayana, Malang. Nggak cuma karena banyak pembeli yang mengerumuni stand, tapi juga ada baliho yang cukup membuat liur menetes guys. Ya, sebab di gambar es nya terlihat cantik dan menggugah selera. Tapi, bagaimana sih kenyataan rasanya?  Sebelum bahas tentang itu, yuk menggulik dulu tentang asal muasal es yang menggeser kepopuleran Mango Thai dari Thailand ini. Yuk simak guys!

Es Kepal Milo ternyata dari Negeri Jiran, Malaysia Guys

Sebelum jadi viral di tanah air, Es Kepal Milo adalah kuliner dari Malaysia dengan sebutan Ais Kepal Milo. Ternyata nih ya, di Malaysia ini memang bertebaran berbagai minuman berbahan Milo. Dan salah satunya disajikan dalam bentuk es kepal yang muncul sejak akhir tahun 2017. Nah, es varian ini kemudian muncul di tanah air pada awal tahun 2018 tepatnya di daerah Yogyakarta. Dipopulerkan oleh seorang penjual bernama Danang, resep es kepal ini didapat dari video Youtube yang sedang viral di Malaysia. 
Es Kepal Milo (dok. Phinemo)

Saat pertama kali menjual ek kepal ini, Danang hanya mampu menghabiskan 10 gelas dengan pelanggan anak-anak. Nah, setelah dipopulerkan seorang food blogger di Yogyakarta, es ini mendadak laris hingga terjual lebih dari 400 cup per hari. Wah, keren ya guys. Bahannya kurang lebih terdiri dari es batu yang sudah diserut hingga lembut (tapi tidak cair), milo kental, milo bubuk, dan berbagai macam toping. Konon kata netizen, es krim ini sangatlah lezat guys. 

Tampilan es kepal milo yang gue beli

Oke, setelah tadi bahas sedikit sejarah-sejarahnya es kepal milo, saatnya gue menceritakan rasa es kepal yang gue beli. Pas si ibu meracik, gue girang banget liat wadah bentuk mangkok plus tutup yang kece di tangan si ibul. Lalu perlahan si ibu mulai memasukkan sesuatu yang gue kira es batu lembut yang sudah diparut seperti di baliho atau di gambar yang ada di internet. Tapi gue mulai merasa aneh guys, kenapa kok es batunya mrongkol-mrongkol nggak halus gitu. Kayak sebesar tiga kali butiran jagung yang udah dipipil gitu guys. 

Wah, lihat itu gue mikir gimana kalau pas nggunyah gigi gue bakal rontok? Tapi gue stay positif kok, mungkin es nya itu lembut. Nah, setelah es ditaruh di dalam wadah, giliran cairan coklat dituangkan di atas butiran es tadi. Tapi gue merasa nggak enak, kenapa kok kelihatan cair gitu nggak kental kayak yang di baliho? Lanjut, si ibu melanjutkan menaburkan kacang, seiprit keju, dan terakhir bubuk coklat. Setelah itu wadah ditutup dan disodorkan ke gue yang masih agak bengong dan bertanya, “kok beda amat dengan di gambar?”

Es kepal yang gue makan rasanya ‘anu’ banget guys

Setelah mengenggam es kepal milo di tangan, gue langsung mencari tempat nggadem sama teman. Setelah nemu tempat duduk yang cukup nyaman, langsung dah gue ambil sesendok dan melahapnya. Woho…, perasaan kagak enak tadi bener guys, butiran esnya keras. Gigi gue yang rapuhnya serapuh hati gue ini kagak kuat (aslinya sih yo males ae maem es batu). Alhasil, gue cuma makan coklatnya dan lemparin butiran es batu ke tanah. Dan nggak sengaja di tanah ada kutu yang kelempar es batu, doi langsung pingsan guys. Gilak, beneran keras dah es batunya. Dan for your information, rasa coklatnya ini biasa aja, enakan choki choki itu. 

Hmm… gue langsung mikir, sepuluh ribu gue tadi buat beli bongkahan es batu. Sayang banget dah. Fix, rasanya mengecewakan. Dan fix juga, gue tertipu sama baliho. Gila, ini kayak diputusin mantan dengan alasan dia sayang sama orang lain karena gue kagak bisa pake gincu. Sakit guys, sakit banget. Lha, nulis apa ini, wkwkwk. Nah, ini ternyata bukan perasaan gue doang guys, teman gue (sebut Mbak Dian) juga ngerasain hal yang sama. Dia malah buat live ngereview  tuh es krim. Bahkan hingga hari ini, doi masih saja bikin status tentang kekecewaan makan es kepal milo lengkap dengan hashtag traumaeskepalmilo.

Oknum penjual asal-asalan merugikan banyak pihak lho guys

Setelah makan es kepal milo yang isinya cuma es batu dikasih coklat cair dan dihias sama toping, gue agak trauma juga beli es ini lagi. Tapi bukan berarti semua es kepal milo rasanya nggak enak ya, ada kok yang enak banget tapi sayangnya gue belum nemu. Contohnya kayak es kepal milo yang ada di Yogyakarta atau di Malaysia itu. Sayangnya, setelah membeli es kepal milo dengan rasa yang nggak well dan anu banget itu, gue jadi agak males beli es kepal milo. Ya secara, dengan harga Rp 10.000 (lebih mahal dari eskrim Macdi dan Ma) rasanya mengecewakan banget.

Adanya es kepal milo dengan rasa yang nggak karuan dan bahan lumayan asal kayak gini adalah akibat dari oknum penjual yang egois. Ya, gue bilang egois karena doi cuma mementingkan keuntungan besar tapi nggak berbanding lurus dengan kepuasan pelanggan. Terlebih di keramaian seperti CFD kemarin, orang hanya lihat banyak pembeli dan baliho, langsung beli aja tanpa pikir panjang. Tapi imbasnya, setelah mereka tahu rasanya dan kecewa, pasti ogah balik lagi. Tapi para pedagang kadang mikir, mereka kan kaki lima yang bakal pindah-pindah tempat, jadi ya nggak ngaruh, karena mereka bisa menemukan pembeli baru yang nggak tahu absurdnya rasa es kepal ini.  Anggaplah memang begitu, tapi secara tidak sadar, dia sudah membuat beberapa orang trauma membeli es kepal milo ini. Dan itu bisa merugikan penjual lain yang berdagang es kepal milo. Sebab opini masyarakat, es kepal milo nih es yang rasanya aneh, asal-asalan.


Harapan buat para penjual

Setelah beberapa saat mikir, itu kali ya yang ngebuat makanan atau minuman hits cepat datang dan berlalu. Sebab penjualnya nggak konsisten jaga kualitas, cuma nurutin ingin untung yang gede. Atau, apakah masyarakat kita sukanya harga yang murah tapi maunya hits sehingga penjual mengakali dengan intrik-intrik macam tersebut? Enggak deh ya, asal kualitas terjamin, pelanggan pastinya nggak keberatan dengan harga yang setimpal. Yuhuuu, semoga ke depan para penjual apapun lebih memanusiakan pembeli ya. Nanti kalau pembeli kecewa trus patah hati, kagak bakal mau dah balik lagi. Setuju kan guys? Tapi kalau penjual selalu menjaga kualitas, dengan begitu pembeli nggak bakal ragu membeli produk yang ditawarkan.

Btw, siapa nih yang juga kena php sama es kepal milo, tunjuk jari dong, gue lagi nyari teman nih, wwkwkwkwk. 


Comments

  1. Tetangga saya jualan es kepal milo. Dan saya beli dong nyoba. Dan ternyata enaaak banget. Milo cairnga kental dan topingnya melimpah. Pas di luar kota, saya beli es kepal milo dan ternyata rasanya anuuu.. milo dan topingnya seadanya banget. Jadi emang beda gerobak bisa beda rasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah mbak.. akunya pertama beli yang nggak enak, jadi trauma 😂😂

      Delete
  2. Ya ampuuun, es kepal milo yg mbak beli nganu banget haha. Teman aku pernah juga beli es kepal yg gk ssuai mbk. Jd gk pengen beli es kepal deh walau sedang hits. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  3. Di dekat rumah ada cuma saya belum nyoba. Cuma kayaknya itu beneran oknum deh. Huhu sebal deh kalo udah bikin gondok dan yang bikin gondok ga merasa bersalah

    ReplyDelete
  4. Bener... Sebelnya nyampe ubub-ubun beb

    ReplyDelete
  5. Wktu lihat foto yg paling awal, perbandingan tampilan es kepal milo di internet dg yg mbk beli, aku udh agak kaget, 'La koq beda jauh' dan ternyata, baca baca baca, rasanya jg nganu. Pelajaran nih buat aku, klok mau beli es kepal milo milih tmpat yg rame pembelinya biar bisa ngelihatin gmn tampilan es kepal milonya. Niat amat dah.
    Makasih sharenya ya mbk

    ReplyDelete
  6. Sama sama mbakkk.. harus niat sih biar kagak kecewa hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar. Tunggu kunjungan balik saya ke Blog teman-teman :)