6 Jajanan Khas Puncak Yang Wajib Dijadikan Oleh-Oleh

Tak bisa dipungkiri, puncak adalah salah satu kawasan wisata favorit yang kerap dikunjungi para traveller. Alasannya tentu karena udara sejuk dan pemandangan alam yang sangat menyegarkan ya guys. Karena itulah puncak selalu menjadi tempat yang dipilih untuk menghabiskan waktu untuk berlibur.


Segera deh kamu lakukan reservasi hotel di Puncak untuk menikmati beragam hal menarik di sana. Mulai dari indahnya pemandangan alam, sejuk dan bersihnya udara, dan tak ketinggalan kuliner yang sangat menggoda. Nah, berikut ini enam deretan jajanan spesial yang bakal cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang kesayangan sekembalinya dari puncak.

Mochi Bogor

Salah satu jajanan populer yang banyak dijadikan oleh-oleh khas Puncak Bogor adalah Mochi Bogor. Meski faktanya mochi yang dijajakan merupakan mochi khas Sukabumi, namun rasanya yang mantap membuat pengunjung puas. Dibuat dari bahan dasar tepung sagu, kuliner ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal.


Umumnya, mochi ini di dalamnya berisi kacang yang makin membuat rasanya nikmat, gurih-gurih sedap. Kamu juga nggak bakal kesusahan mencari jajanan ini, sebab di setiap sudut Puncak Bogor banyak pedagang yang langsung menjajakan kepada pengunjung. Dan tak perlu khawatir kantong bakalan kering, sebab satu kotak unik mochi hanya dibanderol Rp 3000-an saja. Murah banget bukan?

Roti Unyil


Selain mochi, yang buat kamu harus buru-buru reservasi hotel di Puncak adalah kuliner legendaris Roti Unyil. Wajib banget dijadikan oleh-oleh, roti unyil paling hits di wilayah ini bernama Roti Unyil Venus. Ada 26 varian rasa yang tersedia mulai dari pisang, coklat, keju panjang, abon, jagung, sosis keju, dan varian rasa unik lainnya. Harganya pun bakal buat kantong kamu aman. Sebab untuk sepotong roti, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 1.450 saja.

Ubi Cilembu

Faktanya, Ubi Cilembu bukanlah makanan khas Puncak Bogor. Jajanan ini berasal dari daerah Sumedang. Meski begitu, Ubi Cilembu terlanjur lekat dengan jajanan khas puncak. Dipanggang menggunakan cairan manis yang lengket seperti madu, ubi ini menghadirkan cita rasa lezat yang tak mudah dilupakan. Karenanya nggak heran kalau banyak wisatawan memilih jajanan satu ini untuk dijadikan oleh-oleh saat bertandang ke Puncak Bogor.


Ubi satu ini mengandung kadar gula yang tinggi di dalamnya. Karena itu umumnya tidak cocok dijadikan ubi goreng atau bakar,  sebab ketika dibakar ubi cenderung cepat gosong dan aroma madunya pun menghilang. Kamu bisa menemukan banyak pedangan yang menawarkan ubi ini di pinggir-pinggir jalan sepanjang puncak. Dan tak perlu khawatir, sebab harganya cukup murah meriah.

Asinan Bogor

Segera pesan hotel termurah di reservasi.com jika ingin meluangkan waktu libur di Puncak Bogor dan menikmati beragam pilihan destinasi wisata di kota ini. Dan salah satu kuliner yang nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung adalah Asinan Bogor. Kuliner ini memiliki rasa yang menyegarkan dan paling populer di kalangan wisatawan meski muncul banyak jenis asinan lain di wilayah Jakarta.


Karena itu kamu wajib memborong asinan ini untuk oleh-oleh. Ada dua pilihan jenis asinan yang biasa ditawarkan pedagang yaitu asinan buah dan asinan sayur. Cukup dengan Rp 12.000 saja, kamu sudah bisa membawa pulang sekantong Asinan Bogor.

Peuyeum / Tape Singkong


Merupakan makanan tradisional khas Bandung yang juga populer di wilayah Bogor, Peuyeum menjadi salah satu jajanan unik yang cocok untuk oleh-oleh. Dibuat dengan mengolah singkong yang kemudian difermentasi, rasa peuyeum yang legit cocok untuk menjadi cemilan di segala situasi. Jika berencana membeli tape singkong ini, sebaiknya belilah yang belum matang agar tidak menjadi lunak saat dibawa pulang. Seperti jajanan lainnya, harga tape singkong satu ini juga sangat bersahabat dan tak membuat kantong kosong.

Bolu Lapis Sangkuriang


Saat melakukan reservasi hotel di Puncak atau di sekitaran Bogor untuk berlibur, jangan lupa membawa Bolu Lapis Sangkuriang sebagai oleh-oleh. Berbahan dasar tepung talas, bolu lapis satu ini menjadi jajanan yang populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Bogor. Memiliki cita rasa yang manis, tekstur roti yang lembut, serta pilihan topping beragam membuat Bolu Lapis Sangkuriang menjelma kuliner favorit oleh-oleh yang selalu dicari.

Itu dia enam jajanan khas  yang paling hits di Puncak Bogor. Selain ragam jajanan di atas, masih banyak loh jajanan lainnya yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke wilayah Puncak Bogor atau kawasan sekitar Bogor. Di antaranya ada talas bogor, kacang bogor, keripik pisang, keripik mbah gugel, dan banyak lagi lainnya.


Selain kuliner, ada juga beragam tempat wisata di wilayah Puncak Bogor yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Contohnya taman wisata matahari, taman safari, curug panjang, agrowisata Gunung Mas dan banyak lagi. Segera pesan hotel termurah di reservasi.com untuk menikmati berbagai tempat wisata beserta kuliner menarik di kota Bogor dan sekitarnya ya guys. 

Comments

  1. asinannya yang saya suka..
    bolunya juga sebenarnya, tapi karena sudah kadung berlabel 'ubi' jadi tidak terlalu berekspektaksi...

    :)

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Padahal enak lho meski bahannya ubi... Tapi selera orang beda beda sih. :)

    ReplyDelete
  3. ubi cilembu ada nih di daerahku Mba, enak manis.
    Kalau yang lain belum pernah mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubi ini memang dijual di mana-mana deh ya... Di Bromo aku juga nemu ubi ini

      Delete
  4. UBII, wih enak banget di puncak makan ubi anget, jadi pengen kan..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar. Tunggu kunjungan balik saya ke Blog teman-teman :)