Merancang Liburan Murah ke Belitung yang Wajib Kamu Coba

Ngerencanain liburan itu bukan sesuatu yang mudah loh guys. Ini bukan pernyataan yang aku tulis asal-asalan. Tapi dari kenyataan pahit yang kemarin aku rasain sendiri. Ya, aku sama sahabat sedari berbulan-bulan lalu sudah nabung mau jalan-jalan bareng. Kita berdua sepakat berhemat. Nah, uang yang terkumpul sudah dibelikan dua tiket pulang-pergi dong. Hotel pun udah dibooking, bahkan list destinasi liburan pun udah dibuat.Tapi karena ada bencana tak terduga, kita berdua jadi batal liburan.


Nah untuk mengobati kekecewaan itu, aku ikut rencana liburan teman yang lain lagi, tapi gagal juga karena akunya malah yang ada halangan. Oke, dari dua pengalaman itu aku putuskan untuk liburan sendirian aja. Biar kalau misal ada halangan aku bisa atur ulang sendiri. Ini juga ngehindari kekecewaan kalau-kalau partner liburan harus berhalangan.

Yah, memang tahun ini aku tuh ngalami beberapa kejadian nggak enak yang memang butuh perenungan sendiri. Lha apa aku nggak takut sendiri liburannya? Nggak dong, ngapain takut sama kesendirian. Lha pada dasarnya, kesendirianlah yang paling banyak mengisi hidup kita.Asekk…

Oia, karena ini liburan sendiri, makanya semua akomodasi dan lain-lain harus aku cari sendiri juga. Dan di akhir cerita, aku beruntung banget karena tiba-tiba nemu cara liburan yang mudah dan murah. Yang pasti, destinasinya nggak ecek-ecek lho. Sini-sini, aku ceritain detailnya yah di bawah ini.

Destinasi : Pulau Belitung, Mengapa?

Setelah 2015 lalu menginjakkan kaki di Manado, sebenarnya aku ingin kembali ke luar Jawa, Sumatera Utara tepatnya. Tapi tempat itu terlalu membuat diri ini buncah untuk saat ini. Maka ku pikir untuk menundanya, memilih jeda. Kenapa, ada apakah di sana? Ah, lain waktu mungkin aku ceritakan. Setelah berkali-kali menengok peta di internet, aku mantap ke Pulau Belitung.

Pulau Belitung konon tempat terbaik untuk berjelajah dan mencari ketenangan

Seperti aku bilang tadi, liburan kali ini beneran bukan cuma pengen sekedar liburan. Lebih jauh, aku ingin mencari ketenangan. Terlebih di tempat ini memiliki banyak pantai yang masih jarang tersentuh dan tak ramai pengunjung. Tempat seperti ini, cocok sekali untuk sejenak mendinginkan otak dan mempertajam hati.

Pulau Belitung [sumber gambar : travelokadotcom]

Tempat yang ada di wish list-ku untuk hunting ketenangan adalah pulau-pulau di sekitar Pulau Belitung. Di antaranya Pulau Borong, Pulau Pelayar, Pulau Basir, Pulau Lengkuas, dan lainnya. Membayangkan menceburkan kaki ke air, merasakan butiran debu menempel di sela-sela jari, awan-awan yang memperindah birunya langit, dan melihat orang-orang baru di sekitar, betapa damainya. Yah, terkadang menemui orang yang kita kenal artinya bertemu kembali dengan tanggung jawab bukan? Karenanya, aku kadang ingin sejenak pergi ke tempat di mana tak ada yang mengenaliku.

Melihat museum penulis favorit, Andrea Hirata

Kalian pasti tahu buku terkenal Laskar Pelangi atau paling tidak tahu film dengan judul serupa. Menceritakan seorang anak di pulau terpencil yang berjuang menggapai cita-citanya. Ya, novel ini membuat Belitung menjadi mashur. Dan bukan hanya latar ceritanya di Belitung, tapi tokoh utama sekaligus penulisnya adalah putra asli pulau ini. Andrea Hirata namanya. Nah, aku tuh mulai suka baca buku-buku Andrea Hirata pas zaman kuliah. Kalau lagi putus asa, nyempetin ke perpustakaan kampus buat ndelosor (lesehan di lantai) di lantai paling atas dan baca-baca buku karya Andrea Hirata sampe sore. Percayalah, tiap lembarnya selalu mengandung pesan, motivasi, dan cerita inspiratif yang bakal bikin hidup lebih semangat lagi.  

Museum Kata [sumber gambar: travellingyukdotcom]

Nah mumpung di Belitung, tentu wajib banget hukumnya ke museum pribadi Andrea Hirata. Menurut mbah google, tempat ini berisi foto-foto suasana Pulau Belitung di masa lalu. Dan tentunya ada banyak karya Andrea Hirata, bahkan yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Membayangkan nyampe di sini, apa ya yang bakalan pertama kali aku lakukan? Lesehan baca buka dong, mengenang jaman kuliah yang penuh cinta. Hahay…

Ngopi-ngopi ke daerah Manggar


Selain Laskar Pelangi dan pulau-pulau yang masih perawan, Pulau Belitung juga terkenal dengan banyaknya kedai kopi. Khususnya di kota Manggar yang berada di bagian timur Pulau Belitung. Nah, rencananya saya ingin singgah di minimal tiga kedai kopi. Khusunya yang unik, bersejarah, dan berdiri sejak 40 tahunan silam. Pasti seru banget ya.

Jangan males cari tiket pesawat dan hotel yang bagus dengan harga paling oke

Setelah fix dengan destinasi, langkah yang harus kita lakukan adalah mulai lirik-lirik tiket pesawat dan hotel. Nah, aku mulai dulu dengan tiket pesawat. Setelah cari tiket ke sana ke mari. Harganya ya nggak jauh beda. Tinggal ngopi dulu deh. Setelah beberapa saat, coba cari-cari hotel. Sama kan ya prosesnya, liat fasilitas, liat jarak hotel sama destinasi, lalu banding-bandingin harga. Humm.. cukup makan waktu sih, tapi jangan pernah males demi mendapat tempat yang nyaman dengan harga oke.

Cara untuk membuat liburan ke Belitung lebih murah

Di tengah pencarian yang mulai membosankan akibat bingung mau pilih yang mana, mata aku yang tajam kalau ada cahaya-cahaya harga murah ini malah liat kalau di Traveloka ternyata sudah ada pemesanan tiket+hotel yang jadi 1 paket. Ketimbang penasaran, aku coba dong ya untuk booking tiket+hotel ini.
paket tiket+hotel Traveloka


Nah, aku coba langsung coba untuk mendapat paket tiket+hotel untuk ke Pulau Belitung disini. Selanjutnya aku langsung diarahkan ke halaman yang menu isiannya langsung dua yaitu detail penerbangan dan detail hotel. Setelah isi sesuai keinginan langsung pilih Search Packages. 
paket liburan ke Pulau Belitung


Wih, akunya langsung terpukau sebab cara ini sangat mudah dan hemat waktu banget. Tahu gitu kan dari tadi pilih yang ini ya ketimbang pesan tiket dan hotelnya sendiri-sendiri. Udah lama, bingung pula.


Nah lanjut, setelah mencari paket, kita langsung ditujukan ke halaman hasil hotel dan penerbangan. Harganya Rp 3.368 757 untuk penerbangan dan destinasi hotel yang aku pilih. Harga ini ternyata lebih murah ketimbang kalau belinya terpisah. Selisihnya jauh pula, lebih murah Rp 518.443 ketimbang yang pesan terpisah antara tiket pesawat dan hotel.
Lebih murah ternyata paketnya
Ini kali ya yang namanya beruntung. Sudah nemu produk paket tiket+hotel yang pesannya lebih mudah, hemat waktu, ditambah satu lagi murah banget. Dan jangan khawatir, sebab pembayarannya mudah dengan metode yang beragam. Nah, sisa uang setengah juta tadi bisa banget ya buat beli oleh-oleh khas Pulau Belitung, atau buat tambah-tambah kalau mau ngopi-ngopi. Hehe.

Kesimpulan merancang liburan murah ke Pulau Belitung

Jadi setelah beberapa saat mengasingkan diri untuk merancang liburan murah ke Belitung, maka aku menyimpulkan cara paling efektif adalah dengan menghemat biaya akomodasi. Khususnya tiket pesawat dan hotel. Nah, ketimbang pesan tiket pesawat dan booking hotel terpisah, lebih bijak kalau kamu pesan paket pesawat+hotel sekaligus di Traveloka. Bukan cuma mudah dan hemat waktu, tapi kamu bisa hemat biaya hingga 20% tanpa pake kode promo apapun. Hemm, keren banget kan guys.


Nah, itu dia cara yang aku temuin buat liburan dengan biaya lebih murah ke Belitung. Aku share di sini supaya kita para pecinta travelling bisa sama-sama berhemat. Cobain deh sekarang juga paket tiket+hotel ini. Jangan salah, ini nggak cuma berlaku untuk liburan di Pulau Belitung loh ya. Mau ke Raja Ampat, Medan, Bali, bahkan destinasi lainnya juga ada lho. So guys, semoga rencana liburan kita berjalan lancar ya. 

Comments

  1. Traveloka emang situs paling oke buat cari tempat dengan harga terbaik

    ReplyDelete
  2. Ya ampuun tiket udah dibeli pun bisa batal ya. Sayang banget. Ohya tiket pesawatnya hangus atau bisa di-reschedule?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ganti tujuan mbak... Jadinya yang sebelumnya aku refund.. (balik uangnya 75%) Oia.. rescedhule itu aku nggak kepikiran... Bisa kali ya.m

      Delete
  3. Setuju banget klo liburan itu butuh perencanaan...

    ReplyDelete
  4. Wah iya nih, belitung masih masuk wishlist sayaa :D

    ReplyDelete
  5. Aku kepengen banget liburan ke Belitung, kalau pesan lewat Traveloka memang mudah banget apalagi banyak opsi yang ditawarkan. Karena aku pun pernah mengalami penundaan penerbangan dan mengganti schedule penerbangan. Kalau yang lain mah bye tapi Traveloka emang gak ada duanya sih.

    ReplyDelete
  6. Yaampun Belitung ini jadi idola banget laah. Semoga akhir tahun ini bisa ke sini. Aku kalo traveling juga seringnya beli tiket di traveloka, sering ada promo soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, direncanakan dulu aja mbak biar nanti enak. Pesan tiket dulu biasanya lebih murah juga...

      Delete
  7. Traveloka emang oke banget karena sering ada promo, termasuk promo hotel. Oh ya Belitung ini selain pantai apa sih yang menari mbak? misalnya budayanya gitu.. soalnya jarang ada yg nulis tentang budaya khas di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Belitung ada museum Tanjung Pandan mbak. Nah di dalam museum lengkap dah sejarah-sejarah masa lalu termasuk pakaian adat dan budaya setempat.

      Delete
  8. Setuju banget mbak... The best lah ya..hehe

    ReplyDelete
  9. One of my wishlist mba secara aku fans nya mas andrea hirata beserta novel novel nya ^^.. btw belitung dan belitong sama kah

    ReplyDelete
  10. Pesan paket hotel dan pesawat memang lebih murah kalau di Traveloka.

    ReplyDelete
  11. Aku gk berani solo travelling gituuu, pdahal pengen coba. Duh nyali ku masih rendah mbk. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pun bisa.. aku juga maunya ada temen hehe

      Delete
  12. aku suka banget sama belitung, pantainnya baguuus, airnya juga jernih & ngga bikin lengket kulit... trus tiket pesawatnya juga ga mahal, the best deh! lain kali kalau ada rejeki pengen j uga kesini sama keluarga.

    ReplyDelete
  13. Argh Belitung :(

    Wah, keinginan solo traveling makin menggebu nih hehehehe. Kalau dari foto-fotonya sih, kayanya Belitung didedikasikan untuk para pencari ketenangan........dan mereka yang hatinya tumpul, supaya bisa tajam lagi. Kayak kata kakanya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati tumpul, kadang aku gitu deh.. hehe

      Delete
  14. Belitung... impian banget bisa kesana huhu wisata nya keren banget :)

    ReplyDelete
  15. tetanggaku liburan ke belitung. dan aku tambah mupeng abis baca postingan inih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentar lagi ke sana ya mbak... InshaAllah

      Delete
  16. Huaa.. Pingin bgt ke belitung

    ReplyDelete
  17. Saya belum pernah ke Belitung, cuma seputaran Jawa-Bali aja hehehe... Sempat pengen nyoba app traveloka tapi belum punya tabungan untuk liburan 😅
    hikssss.

    ReplyDelete
  18. Penasaran banget sama yang namanya pulau belitung, pengen deh kesana. selain indah, pengen lihat soal history laskar pelangi, buku yang aku suka sejak belum booming bukunya

    ReplyDelete
  19. Andalan banget sih Traveloka kalo buat pergi ke mana aja. Cling cling cling langsung beres!

    ReplyDelete
  20. Bener banget mbak... Favorit kan

    ReplyDelete
  21. Traveloka memang andalan saya sih kalau mau booking penginapan atau beli tiket pesawat, walau so far saya memang nebeng dengan adek atau travelmate :D Belitung pun juga salah satu rencana kelayapan saya di negeri ini. Moga ada kesempatan untuk bisa ke sana :)

    ReplyDelete
  22. Beberapa kali saya mendengar keindahan pulau Bangka dan Belitung sejak remaja karena salah seorang om saya memang orang sana. Tetapi, sampai sekarang belum pernah saya ke sana. Pengen banget, deh. Pakai Traveloka kayaknya paling nyaman :)

    ReplyDelete
  23. Traveloka juga jadi andalan salah satu adikku kalo liburan.
    Kalo aku pribadi belum pernah gunain jasa Traveloka, kelak akan kucobain juga.

    Keren banget ya Belitung ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar. Tunggu kunjungan balik saya ke Blog teman-teman :)