Evrina Budiastuti : Menghijaukan Bumi Lewat Tulisan

Di tahun 2010, saat saya pertama kali tinggal di Malang untuk kuliah, Malang masih dingin. Saking dinginnya, di malam hari saya harus memakai jaket dan kaos kaki agar tidak kedinginan. Nah, di tahun yang sama, pada saat siang hari cuacanya sejuk. Karena di kanan-kiri sepanjang jalan masih berjajar pohon-pohon hijau. Selain itu, masih banyak juga area persawahan di sekitar kota.

            Lain halnya saat ini, ketika saya kembali untuk menuntut ilmu di Malang untuk kedua kalinya. Udara malam hari tidak lagi dingin, bahkan butuh AC untuk tidur dengan nyaman. Pun juga di siang hari, cuaca begitu panas menyengat. Rasa-rasanya tidak jauh berbeda dengan di Surabaya, saat ini Malang mulai panas. Nah, kalau sudah begini, terbersit keinginan untuk melakukan sesuatu agar kota ini seperti dulu. Aku merindukan Malang yang dulu.


            Berbicara tentang panasnya kota, tidak jauh dari bumi yang sudah mulai tergusur kehijauannya. Kalau membahas masalah penghijauan, saya jadi ingat seseorang yang tinggi kepeduliannya dengan hijaunya bumi. Dialah Evrina  Budiastuti. Wanita kelahiran Jakarta ini konsisten berbagi informasi seputar dunia pertanian. Maka tak heran jika tagline blognya adalah “Menghijaukan Bumi melalui Tulisan”.

            Melalui blognya, evrinasp.com, perempuan yang biasa disapa Rina ini turut serta mengajak pembacanya untuk turut menghijaukan bumi. Minimal dengan menjaga lingkungan sekitar melalui berbagai kegiatan penghijauan di lingkungan sekitar masing-masing. Setiap minggunya, akan ada update artikel yang berisi informasi seputar pertanian dan lingkungan.

            Bisa dilihat pada postingan artikel alumnus Institut Pertanian Bogor dengan major Pemuliaan Tanaman dan Teknologi Benih ini acap kali membahas tentang bumi dan lingkungan. Sehingga pembaca bisa membuat tulisan-tulisan itu sebagai guidelines untuk turut melestarikan bumi.


            Salah satu tulisannya yang cukup penting dan saya pribadi berusaha menerapkannya adalah berjudul “Beli yang Baik untuk Bumi yang Lestari”. Dalam tulisan itu berisi tips memilih produk yang ramah lingkungan. Tips-tips itu di antaranya, pertama, lihat fungsi produk disesuaikan dengan kebutuhan. Kedua, meneliti asal bahan bakunya. Tip-tips selanjutnya bisa dibaca sendiri di blog perempuan kelahiran 29 April ini.  
            Bukti lain betapa telatennya Mbak Evrina menghimbau masyarakat untuk mencintai bumi adalah lewat tulisannya yang membahas film-film tentang bumi. Bisa kita lihat pada postingan berjudul “Apa Kabar Bumi?”. Nah, keren bukan kesungguhan Mbak Evrina.


            Fakta lain tentang perempuan yang berprofesi sebagai Penyuluh Pendamping Lapangan bidang pertanian ini adalah hobi travellingnya. Jadi, bagi anda yang juga travel addict bisa berkunjung untuk menemukan banyak pengalaman istimewa travelling ala Mbak Evrina. Baru-baru ini, blogger yang sering memenangi berbagai kompetisi blog ini mendaki Gunung Rinjani di Lombok.

            Nah, selain mencintai bumi juga hobi jalan-jalan, ternyata kiprah Mbak Evrina sebagai blogger juga sangat bersinar. Buktinya, ia acap kali memenangi berbagai kompetisi blog. Dan, pada satu artikel yang di postingnya, dikupas habis tentang tips memenangkan lomba blog. Keren bukan, karena tidak semua orang mau membagikan rahasia kemenangannya.  Saya jadi ingat sebuah kutipan, “Hanya pemenang sejatilah yang mau menunjukkan senjatanya”.

            Sebenarnya lomba apa saja yang telah dimenangkan oleh Mbak Evrina. Berikut ini daftarnya :
·       Juara 1 Lomba Blog Morinaga Chil-Go Periode 2
·       Juara 1 Lomba Blog Cheria Travel Tahap ke-3
·       Juara 1 Lomba Blog Ide Hebat Putu Putra Yasa
·       Juara 1 Selfie Contest Warung Blogger, dan masih banyak yang lainnya.

Yup, itulah sekilas tentang inspiring blogger Indonesia Evrina Budiastuti. Tidak hanya berprestasi, tapi juga sangat peduli terhadap lingkungan. Semoga kita semua bisa mengambil manfaat dan inspirasi. J
           
           

            

Comments

  1. Terimakasih mbak atas reviewnya, semoga saya bisa terus konsisten berbagi ilmu tentang yang hijau-hijau, mohon doanya ya, ambil yang baik dari saya dan buang yang tidak perlu ditiru, salam hangat dari Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, semoga suatu saat nanti bisa kopdar ya.. :)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar. Tunggu kunjungan balik saya ke Blog teman-teman :)