Tips Pengalaman Solo Traveller ke Bali, Lebih Mudah dengan JD.id Guys

Hi guys, kalau diingat-ingat, sudah lama juga ya nggak bikin postingan tentang jalan-jalan. Yah, soalnya keadaan tempat kerja yang susi alias super sibuk, akhirnya blog ini agar berdebu deh. Oke, mari bersih-bersih blog dengan cerita perjalanan-perjalananku yang super seru ya. Sebenernya aku baru-baru ini sudah ke Banyuwangi, Bali, Surabaya, Kediri, dan Batu yang belum sempat diposting di blog. Tapi mau bahas satu-satu dulu deh.


 Jadi kali ini aku bakal cerita perjalanan ke Bali sendirian alias solo traveller. Sekali lagi solo traveler alias single traveler, alias jomblo traveler. Itu artinya, jalan-jalannya sendirian doang. Tanpa orang yang kamu sayang berada di sisimu. Eh, tanpa orang yang kamu kenal maksudnya, hehe. Tapi sebenarnya guys, aku tuh nggak sepenuhnya jalan-jalan sendirian karena ikut rombongan perjalanan. Tapi, tetap bisa disebut solo traveler (versiku) lantaran kagak ada orang yang aku kenal (maksa).

Nah selama tiga hari di Bali, ada beberapa kendala yang aku hadapi saat berada di rombongan yang isinya orang-orang tak dikenal. Meski udah kenalan, rasanya tetap aneh gitu. Mau foto aja harus nunggu orang lewat. Lha, mau minta fotoin teman serombongan, doi sibuk sama gengnya sendiri. Tapi hal ini nggak meluluh ngebuat liburan jadi zonk moment yak, soalnya aku punya beberapa trik untuk mengatasi ketidakenakan liburan ini. Gimana caranya, nanti deh aku bahas di bawah.

Bali [sumber gambar : pribadi]
Tentang liburan dengan ikut rombongan tapi nggak ada yang kita kenal, ini sumpah nggak nyaman banget. Waktu pun terbatas, sampai-sampai yang awalnya mau ngejar sunset di Bali aja nggak bisa gegara harus ikut jadwal travel. Kan nggak enak banget yak. Dari pengalaman ini, aku jadi mantap merencanakan solo traveler alias jalan-jalan sendirian yang sejati. Maksudnya apa nih? Ya mulai dari berangkat ke kota tujuan, memilih destinasi, memilih hotel, dan lain sebagainya ditentukan sendiri.
Meski belum melakukan solo traveler yang hakiki, tapi berdasarkan pengalaman di atas aku sudah punya tips dan pengalaman solo traveller yang bakal membantu banget. Seperti apa, yuk kita simak guys.

Kumpulkan informasi terkait destinasi yang mau kamu tuju

Sebagai seorang solo traveler, kamu harus punya banyak info tentang destinasi yang kamu tuju.  Pastikan destinasi yang kamu tuju aman baik akses perjalanan maupun lokasinya. Selain itu, jangan lupa bawa gadget untuk mencari informasi tambahan jika ada yang kamu bingungkan saat di lokasi. Tak kalah penting, kamu harus tahu informasi tentang budaya dan kebiasaan, serta bahasa di tempat yang kamu tuju. Tentu mengetahui hal-hal ini akan sangat membantumu guys.

Pesan tiket perjalanan secara online bakal membuatmu lebih mudah

Ketimbang kita harus ikut rombongan travel yang di tengah-tengah rute kadang nggak sesuai karena harus ngejar waktu, mending deh kita berangkat sendiri. Nggak perlu repot-repot guys, sekarang tuh ada yang namanya JD.id yang menyediakan kemudahan fasilitas berlibur. Mulai dari tiket pesawat murah, hotel murah ada di e-commerse satu ini. Contohnya nih kalau kamu ingin pesan tiket pesawat tinggal memilih layanan JD Flight. Nggak cuma menyediakan tiket pesawat murah, di sini sangat mudah pesan tiket pesawat yang kita inginkan. Selain itu, pilihan tiketnya juga banyak dari harga yang paling rendah hingga harga ekslusif. Jam keberangkatan pun kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Dan yang paling menggiurkan adalah diskonnya yang banyak dan bermacam-macam.

Contohnya nih, aku kan masih bingung mau ke Bali atau Bandung. Nah, lalu coba-coba aja buka JD.id dulu untuk membandingkan biaya yang dikeluarkan nantinya. Saat pertama kali diakses, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Dan karena aku inginnya cari akomodasi liburan langsung dah fokus di Best Deal Flight.
Memilih JD Flight [screenshoot]
Kemudian aku coba  memasukkan kota tujuan penerbangan dan kota asal penerbangan. 
Halaman pemesanan tiket pesawat [sumber gambar : screenshoot]
Setelah klik cari, langsung muncul penawaran bervariasi seperti berikut ini.
Berbagai penawaran tiket pesawat [sumber gambar : screenshoot]

Yang bikin ngiler, banyak promo yang ditawarkan JD.id. Nah, diskon ini berlaku untuk pemakai beberapa bank-bank yang umum digunakan masyarakat. Karenanya, hampir semua orang bisa banget lho berkesempatan mendapat promo menarik tersebut.

Pilih hotel sesuai kebutuhanmu secara online juga, banyak diskon menarik guys

Nah, untuk kebutuhan hotel kamu bisa juga pilih-pilih nih di JD Hotel. Caranya mudah, tinggal memilih menu hotel lalu mengisi destinasi serta tanggal check in dan check out. Bisa dilihat nih, saya merencanakan mencari hotel di Bali.
 
Halaman memesan hotel [sumber gambar screenshoot]
Setelah itu, muncul penawaran yang bervariasi. Kita tinggal memilih nih hotel seperti apa yang kita butuhkan. Jangan lupa, sesuaikan dengan budget juga. Tak usah khawatir ya, sebab banyak pilihan yang ditawarkan.
Beragam pilihan hotel [sumber gambar screenshoot]

Berpenampilan yang sewajarnya

Penampilan berlebihan akan membuatmu menjadi target kejahatan. Karena itu, usahakan tidak memakai banyak aksesoris mewah seperti emas, permata, dan lainnya. Bawalah barang-barang seperlunya. Tidak perlu berlebihan dan mengundang orang jahat tertarik untuk mengincarmu.

Trik bisa dapat foto keren meski solo traveler

Selama di Bali kemarin, bahagia banget karena ada tukang foto dadakan. Soalnya aku termasuk tipe orang yang nggak terlalu suka foto selfi, sukanya difotoin. Dan adanya tukang foto dadakan ini tentu sangat membantu. Seperti di spot pantai Lovina, cukup membayar Rp 5000, kamu sudah bisa difoto sesuai permintaan kamu sama mas-mas tukang foto di sana. Ini lebih terhormat ketimbang minta fotoin orang-orang yang lewat atau teman serombongan yang kagak kenal.
Hasil diambilkan gambar tukang foto di Pantai Lovina [sumber gambar: pribadi]
Tapi sayangnya, nggak semua tempat menyediakan tukang foto. Karena itu, kamu harus tahan banting dan semangat minta fotoin orang lain. Kalau aku sendiri sih kagak pernah minta fotoin orang duluan. Biasanya, tiba-tiba ada aja segerombolan orang (seringnya pasangan kekasih) yang nyamperin dan minta gantian saling fotoin. Nah ini, zonk momen yang harus ditahan para single traveler. Udah single, jalan-jalan sendirian, eh disuruh ngambilin foto pasangan yang udah bak pre-wedding. Kalau lagi bernasib kurang baik, kadang mereka bisa sampai beradegan mesra lho. Humm… ini yang namanya tidak berperi kejombloan. Selain cara-cara di atas, kamu bisa membawa tripod atau tongsis untuk membuat fotomu lebih kece tanpa merepotkan orang lain guys.

Oke guys, sampai di sini dulu cerita tentang traveling ke Bali dan rencana solo travelling yang semoga bisa berjalan dengan lancar ya. Jangan lupa persiapkan segala keperluan dengan baik. Jangan terlalu banyak membawa uang tunai saat bepergian, secukupnya saja. Kalau mau lihat-lihat tiket murah dengan berbagai promosi menarik, langsung aja ke JD.id yak.

Note: Semoga jika jadi ke Bali untuk ke tiga kalinya, aku bisa dapat kesempatan untuk menikmati sunset yang indah ya. Untuk cerita detail destinasi apa saja yang aku kunjungi di Bali, akan segera dibahas di postingan selanjutnya. InshaAllah


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.


Comments

  1. Iya setuju berpenampilan seadanya klo bisa kaya org lokal biar ga terlalu mencolok dan ditanya2. Dlu wktu msh suka pergi sendiri n singgah di warung buat mkn sk ditanya2, dijwb gmn ga djwb gmn... kl tau kita dr jauh, sendiri, perempuan lg bukannya suudzon... drpd...drpd ya kan....

    Smg dpt sunsetnya. G'luck yah. Salam^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti riset dulu ya mbak pakaian warga sekitar destinasi. Logis sih mbak, bisa dicoba itu...
      .
      .
      Pejuang sunset garis keras hehe

      Delete
  2. sendirian jadi traveller pastinya menyenangkan juga walaupun kita harus mempersiapkan segala sesuatu dan mengatasinya sendirian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kesenangan yang senilai dengan perjuangannya

      Delete

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar. Tunggu kunjungan balik saya ke Blog teman-teman :)