5 Destinasi Wisata Paling Romantis di Indonesia


               Menjalani rutinitas sehari-hari, berkutat pada tugas dan tanggung jawab yang terus-menerus menghantam akan membuat badan dan pikiran anda lelah. Kalau sudah begitu, meluangkan waktu dengan orang yang spesial akan membantu mengembalikan semangat dan motivasi anda menjalani hidup. Perjalanan dengan orang yang spesial, tentunya memerlukan destinasi tempat yang juga spesial.
Tempat spesial nan romantis akan membuat anda dan pasangan atau keluarga memiliki kedekatan emosi yang lebih kuat. Apalagi bagi anda yang sibuk dan hanya bisa berlibur sekali dalam setahun, quality time akan terwujud dan kenangan tak terlupakan akan membayar semua penat yang telah anda rasakan sebelumnya. Pasangan dan keluarga pun akan lebih mencintai anda. Berikut beberapa destinasi wisata yang paling romantis di Indonesia.
1.       Kampung Sampireun
Menghadirkan suasana kehidupan tradisional yang damai, penuh dengan kesederhanaan dan kearifan lokal asli membuat desa ini mempesona banyak pengunjung. Kampung Sampireun yang memiliki cuaca dingin ini terletak di Desa Sukakarya, Garut Provinsi Jawa Barat. Nuansa romantis tersuguh ketika merdunya musik tradisional Sunda mengalun berpadu suara angin, burung, dan ocehan alami lainnya. Quality time akan tercipta didukung kesegaran udara pegunungan dan lezatnya hidangan rumahan ala warga sekitar kampung. Sangat cocok untuk membangkitkan kedekatan emosional anda dengan keluarga dan kekasih tercinta.

Romantisme Kampung Sampireun [image : source]
2.       Kepulauan Raja Ampat
Akhir-akhir ini, kepulauan yang berada di bagian timur Indonesia ini mulai banyak diapresiasi wisatawan dalam negeri maupun manca negara. Pasalnya, tempat ini menyajikan paket lengkap wisata yang diimpikan banyak pasangan. Bayangkan saja, dalam satu tempat saja anda bisa menjumpai mulai dari nuansa eksotisme kehidupan tradisional, keasrian pegunungan, jernihnya air laut, dan kombinasi semua unsur tersebut membentuk suasana romantis tak terlupakan

Keindahan Kepulauan Raja Ampat [image : source]
Anda, pasangan, dan keluarga bisa duduk-duduk santai bercengkrama sambil menikmati pesona alam. Tak hanya itu, menikmati surga biota bawah laut di tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk membangun momen tak terlupakan bersama yang terkasih. Fakta Raja Ampat sebagai sepuluh perairan terbaik di dunia untuk kategori menyelam dengan 828 jenis ikan, 700 jenis moluska, dan gugusan karang yang tinggi menjulang merupakan pilihan yang sungguh tepat untuk disinggahi.
3.       Kaliurang
Kampung yang terletak 30 km dari Kota Yogyakarta ini terletak di Desa Hargobinangun. Romantisme kampung ini tercipta oleh kombinasi apik udara sejuk, suasana alam yang ramah tanpa polusi, serta keindahan Gunung Merapi. Tempat yang cocok untuk anda dan pasangan untuk duduk santai sambil membakar jagung . Jagung bisa anda dapatkan di daerah sekitar kampung.

Taman Cahaya di Kampung Kaliurang [image : source]
Saat udara dingin mulai naik ke tempat ini, anda bisa meneguk secangkir kopi. Dijamin, rasa kopi akan lebih lezat karena pengaruh udara yang mempengaruhi cita rasa kopi. Anda dan pasangan juga bisa menikmati view alam yang begitu menggoda pesonanya saat mendaki puncak bukit Plawangan. Sungguh, dari bukit ini sketsa alam benar-benar memanjakan dan menyejukkan mata.
Selain pesona alam, pemerintah pun turut andil memberikan sentuhan keindahan di kampung ini. Salah satunya, dengan mendesain hal unik untuk menyambut musim libur panjang. Waktu paling tepat untuk datang ke Kaliurang adalah saat malam tahun baru. Karena, hampir setiap perayaan tahun baru wisatawan dihibur dengan berbagai acara yang menarik. Seperti yang acara spesial untuk tahun baru 2016 belakangan ini, Kaliurang disulap menjadi tempat romantis yang indah. Taman Kaliurang menjadi penuh cahaya, pun dihias dengan berbagai macam lampion dengan bentuk binatang dan tumbuh-tumbuhan.
4.       Pulau Moyo
Pulau Moyo berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya 2,5 km di sebelah utara Pualu Sumbawa. Nilai yang menjadikan pulau kecil ini tergolong romantis adalah atmosfer sunyi yang melingkupi pulau. Tanpa terganggu hiruk pikuk aktivitas keramaian kota, anda dan pasangan bisa dengan tenang menikmati bunyi deburan ombak yang ditingkahi nyanyian burung laut. Pemandangan lepas pantai di pulau ini akan membuat anda melupakan kepenatan karena aktifitas yang menekan.

Keindahan Pulau Moyo NTB [image : source]
Pulau Moyo masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga keasrian dan kealamian pulau masih sangat terjaga. Di tempat ini juga terdapat hutan alami yang bisa dijadikan tempat hiking. Kegiatan seru yang bisa juga dilakukan di sini adalah menyusuri sungai, menikmati pemandangan air terjun, dan menyusuri gua dengan berjalan kaki. Salah satu gua yang diminati banyak wisatawan adalah Gua Ai Manis yang di tebing-tebingnya terdapat ratusan hewan kelelawar yang menghiasinya.
Nah, bagi pecinta burung, tempat ini ibarat surga yang dihiasi banyak burung. Setidaknya, ada 86 spesies burung yang ada di pulau indah ini. Bahkan, burung langka seperti kakatua berkepala kuning dan burung gosong ada di sini. Anda bisa menginap di cottage indah dengan ukuran mungil di sekitar pulau. Di tempat ini warga sekitar menyediakan jajanan dan makanan khas pulau yang unik dan jarang dijumpai di daerah lain. Benar-benar destinasi wisata yang memanjakan anda dengan suasana yang tak biasa dan tak mudah untuk dilupakan.
5.       Pulau Kanawa
Pulau yang satu ini masih masuk dalam cagar alam Komodo, 10 km dari Labuan Bajo, daerah Flores. Keunikannya adalah pantai yang menyajikan pemandangan satwa laut tepat di permukaan airnya. Cocok untuk anda yang tidak bisa berenang atau takut untuk menyelam. Ikan-ikan indah macam Barakuda, Napoleon Fish, dan Hiu karang berenang sampai di pinggiran-pinggiran pantai. Hal ini memungkinkan anda menikmatinya tanpa harus menyelam untuk melihat ikan-ikan ini.

Suasana Rapi dan Bersih di Pulau Kanawa [image : source]
Tak hanya itu, terumbu karang di Pulau Kanawa bisa dilihat dengan jelas di pesisir pantai. Satu hal yang memang membuat tempat  ini romantis, adalah keberadaan listrik yang hanya ada pada rentang pukul lima sore hingga sembilan malam. Situasi yang menjadikan tempat ini cocok untuk destinasi bulan madu anda dan pasangan.


Indah dan romantis bukan destinasi wisata di atas?. Ayo segera kunjungi dan nikmati keindahan yang akan membuat hubungan anda dan pasangan semakin erat.

Comments