4 Penilaian Penting yang Harus Dilakukan dalam Memilih Perusahaan Asuransi

Hai guys, apa kabar hari ini? Jadi, kali ini aku mau ngebahas tentang asuransi. Pasti sudah pernah dengar kan ya asuransi. Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribuse/premi. Sedangkan pihak lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat. 


Mudahnya, asuransi berkaitan dengan perlindungan. Di negara kita, asuransi sendiri memiliki dasar hukum UU No. 2 Tahun 1992 dan asuransi juga dimuat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD).

Di era modern seperti sekarang ini asuransi sudah dijadikan sebagai salah satu bentuk perlindungan penting bagi masyarakat, apalagi yang sudah jauh berpikiran maju. Karena setiap hal yang dilakukan pada dasarnya memiliki resiko, resiko akan kesehatan, resiko akan kematian dan sebagainya. Sehingga tidak heran juga jika seandainya menjamur berbagai perusahaan asuransi di Jakarta dan juga kota-kota lainnya.

Berbicara mengenai asuransi ini sendiri jenisnya memang terbilang sangat banyak dan bermacam-macam, namun pastinya kita harus memilih sesuai dengan yang dibutuhkan. Sehingga jangan asal membelinya. Dalam menentukan perusahaan terbaik, maka kita harus menilai dari beberapa hal penting ini. Apa saja, yuk kita simak berikut ini.

Lama perusahaan tersebut berdiri


Jika perusahaan tersebut baru saja berdiri paling tidak setahun atau dua tahun, maka pertimbangkan lagi jika ingin menggunakan produknya. Karena sering kali riskan akan kebangkrutan bahkan tidak bisa dipercaya. Carilah yang sudah berdiri sejak lama, biasanya lebih bisa dipercayai.

Memiliki reputasi yang baik


Perusahaan yang sudah memiliki kredibilitas menjanjikan ini biasanya sangat kecil resikonya membawa kabur uang dari nasabahnya.

Melihat tawaran premi


Tawaran preminya juga harus dilihat. Banyak orang yang menginginkan program asuransi dengan premi yang ekonomis namun untuk fasilitas yang diberikan banyak. Namun tetap kembali lagi kepada besar kecil nilainya, apakah benar-benar masuk akal atau tidak? Percuma terlalu murah namun ternyata tidak dapat dipercaya.

Rekomendasi dari orang lain


Rekomendasi orang lain, ini juga harus dipertimbangkan baik-baik. Cari tau terlebih dahulu review dan pengalaman nasabah lain yang sebelumnya sudah begabung atau menggunakan produk asuransi dari perusahaan tersebut. Banyak yang merasa puas atau diuntungkan atau justru sebaliknya. Jika memang kebanyakan konsumen merasa rugi, maka jangan dijadikan sebagai pilihan.

Bahkan jika berbicara mengenai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia tentu banyak sekali, mulai dari yang konvensional sampai dengan yang berbasis syariah pun ada. Asuransi perlindungan jiwa syariah misalnya, solusi terbaik bagi umat muslim yang mungkin takut akan jaminan keamanan dari produk asuransi tersebut. 

Nah itu dia empat hal penting yang harus kamu perhatikan saat akan memilih perusahaan asuransi. Tidak masalah sedikit meluangkan waktu untuk mencari tahu, toh demi hasil terbaik ya! Good luck for all of you guys :)


Comments