Selamat !!! Kalian Boleh Pergi, Kejarlah Mimpi !!!

Keberhasilan seorang guru adalah ketika siswanya berhasil menamatkan jenjang pendidikan yang sedang ditempuhnya. Hari ini, Guru SD Gmist Sion Bawoleu telah menyelesaikan kewajiban kepada siswa kelas VI dengan baik, terlepas apa saja kesalahan yang mereka perbuat pada murid selama di sekolah. Tepat pukul 10.00 (4/7), diumumkan bahwa keseluruhan siswa kelas VI telah dinyatakan lulus.

Perjuangan Kita
Ujian sekolah adalah hal yang paling dikhawatirkan oleh guru dan murid kelas VI di sekolah kami. Banyak hal yang disipakan untuk menghadapi ujian itu. Salah satunya adalah pelajaran tambahan di luar jam sekolah, try out, dan drill-drill soal yang dilakukan di tiga mata pelajaran khususnya matematika. Hampir setiap minggu, tidak kurang dari 4 jam tambahan pelajaran matematika diberikan di luar kelas. Meski kondisi sekolah yang tidak memungkinkan, karena sementara ada pembangunan. Tapi guru dan siswa tetap bersemangat dengan kondisi seadanya


Tetap belajar: Di tengah pembangunan yang masih setengah jadi, siswa kelas VI melakukan pelajaran tambahan dengan fasilitas seadanya.

Selain murid dan guru piket pemberi pengayaan yang bekerja keras, di luar itu guru juga mendapatkan tugas untuk membuat soal uji coba ujian nasional. Oleh UPTD. Dikpora Tagulandang, Guru SM-3T dipercayakan membuat soal-soal IPS, IPA, Matematika, dan PKn. Soal uji coba ini dimaksudkan agar guru tahu sampai dimana pemahaman siswa pada mata pelajaran yang akan diujikan. Tidak sembarangan membuat soal uji coba, Guru SM-3T dan guru-guru di Pulau Tagulandang menjadwalkan waktu khusus untuk analisis dan pembahasan soal yang akan diujikan.


Pembahasan Soal: Guru SM-3T Membahas Soal Uji Coba yang Dibuat

Setelah semua proses, yaitu ujian praktek dan ujian tulis, akhirnya delapan orang murid kelas VI di sekolahku lulus. Walaupun ada satu dua siswa yang nilai ujian sekolahnya agak rendah. Untungnya, kebijakan pemerintah 70% nilai sekolah dan 30% nilai ujian sekolah, membantunya sehingga bisa lulus.

Mereka Akan Pergi Meraih Mimpi

Saat pengumuman, hadir lima siswa. Sedangkan tiga di antaranya sedang pergi ke kebun untuk memulung cengkih. Selamat murid-muridku, mulai sekarang kalian bukan anak berseragam putih merah lagi. Dari kedelapan orang ini, saat ini lima orang telah mendaftar di SMPN Minanga dan tiga lainnya di SMP Advent Bawoleu. Harapanku, dimanapun mereka berada, mereka akan dapat meraih mimpinya.
Ekspresi Kelulusan Siswa Kelas IV SD Gmist Sion Bawoleu

Gita dan Lira dengan mimpi menjadi Pendeta, Vanes dan Tentaranya, Jiren dengan ambisi ahli pertaniannya, Gwi dengan mimpi dokternya, Nilia dengan suara emasnya, Harto dengan jiwa komedi yang dimilikinya, serta Anderson dengan ambisi menjadi Mandor Bangunan. Apapun itu, yang terbaik yang bisa kalian capai adalah harapan kami para guru, harapan Indonesia.


*Bawoleu, 2015

Comments