Hikmah Nyata Bulan Puasa Di Kehidupan, Tentang Teman yang Jadi Manis Banget Ngalahin Gula Pasir

Bulan Ramadhan memang memberikan nuansa berbeda. Sadar atau tidak, semua orang jadi berusaha berbuat baik sebanyak-banyaknya. Selain itu, seseorang akan menahan banyak hal ‘kurang baik’ yang sehari-hari biasa dilakukan. Tentu hal ini menimbulkan atmosfir yang berbeda. Di mana kita berada, berasa hawa-hawa religius itu pun kental. Bener nggak?

Perbandingan kondisi chat dengan teman sebelum dan saat bulan Ramadhan
Nah, kali ini gua bakal cerita tentang perubahan aktivitas chatting sama salah satu teman. FYI, sehari-hari kebiasaan gua sama bolo-bolo konco kalau chatting suka ngasal. Saling bully-lah, saling ngetawain satu sama lain, dan ada panggilan-panggilan saling ngejek. Tapi bukan berarti kita saling sebel, enggak dong. Kita cuma buat itu sebagai lucu-lucuan aja. Tapi ya, namanya bully, memang awalnya kadang bercanda, tapi lama kelamaan nyrempet ke ati tanpa kita sadar. Akhirnya ada yang diam-diam tersakiti dan menyakiti. Tapi kalau kagak ada becandanya dikit-dikit, rasanya ya boring banget.

Ini tentang salah satu teman gua, kita sih kagak begitu dekat-dekat amat. Cuma dulu banget sempat satu universitas,  jadi ya kadang saling nanya kabar. Atau tuker-tukeran informasi (sumpah bukan tentang mantan, tapi kerjaan atau kabar  update). Nah, kebiasaan kita (khususnya dia) saat memulai percakapan adalah melempar sapaan absurd. Seperti yang kalian tahu, nama gua Siti Nuraini, jadi panggilan umum yang bisa dipilih bisa Siti, Nur, atau Aini. Tapi ya dasar anak-anak, malah manggilnya encit, ai-ai, sitikus, dan sederet panggilan absurd lainnya termasuk panggilan ngowoh.

Si teman ini sehari-hari kalau memulai percakapan pasti diawali kalimat semacam, hai ngowoh, dan sejenisnya. Meski begitu, gua mah santai karena udah tahu itu bukan bermaksud ngejek. Sebatas bercanda. Nah, berbeda saat bulan Ramadhan tiba. Seperti biasa, beberapa teman chat pun begitu dengan teman yang hobi panggil gua ngowoh. Terbiasa setiap hari dipanggil ngowoh sama si teman ini, tiba-tiba dia panggil nama aja tanpa embel-embel.

Sontak dong gua kaget. Bukan hanya itu, si teman ini juga ngasih beberapa informasi penting yang benar-benar gue butuhkan. Biasanya sih juga gitu, tapi di bulan puasa ini ditambah kalimat-kalimat motivasi tanpa pembullyan. Asli merinding gua, biayanya cekikikan ini malah kayak ustad ustadzah, peace. Alhasil, gua beneran jadi mlongo alias ngowoh dengan perubahan ini. Penasaran, gua akhirnya nanya apa ini gara-gara bulan puasa kenapa dia kagak manggil ngowoh lagi. Dan seolah mengiyakan, dia pun menjawab dengan kata ‘Peace’.
Yap, pengalaman ini memang nampak sepele sih ya. Tapi entah kenapa, saat sendirian merenung, memang bulan Ramadhan selalu menghadirkan sensasi membahagiakan dan menyenangkan. Orang-orang di sekitar kita pun lebih menjaga diri, hati, mata, dan tingkah lakunya. Mau gosip ada yang ingetin, ‘puasa tauk’. Mau usilin orang ada yang bilang, ‘jangan deh, puasa nih’. Hmm… rasanya hidup lebih indah bukan?

Meski sedikit asing karena panggilan absurd menjadi berkurang, tapi gegara perubahan ini gua jadi merasakan bulan Ramadhan kali ini lebih indah saja. Lebih sempurna lagi kalau kebersamaan dengan teman-teman senasib seperjuangan dulu bisa diwujudkan. Membayangkan ngabuburit bersama mereka, lantas menikmati secangkir teh  #Sariwangi manis kala adzan berkumandang. Ah, kalian!  Aku jadi rindu.



Comments