Ayam Podomoro Manis Pedas So Good Yang Membuat Seisi Rumah Buru-Buru Ingin Makan

Jika ditanya makanan dari olahan ayam, kebanyakan orang pasti langsung ingat yang namanya soto ayam, sate ayam, semur ayam, opor ayam, dan beberapa masakan lainnya. Makanan yang barusan saya sebutkan tadi memang sangat lezat, karenanya saat lebaran kebanyakan orang memasak makanan itu khususnya opor ayam.


Berhubung lebaran baru saja pergi, maka rasa bosan memakan menu olahan ayam yang begitu-begitu saja muncul. Untuk menyiasatinya, kerabat saya memberitahu resep olahan ayam yang cukup menggiurkan. Nama menu baru itu disebut ‘Ayam Podomoro’. Ceritanya, resep ini adalah hasil coba-coba tapi hasilnya enak dan bikin nagih. Karena itu, resep ini pun dibagi-bagi dan hampir semua yang pernah makan mengaku suka. Seperti apa sih, yuk simak ceritanya berikut ini.

Kesiangan Dan Tak Dapat Ayam Segar Di Pasar, So Good Jadi Pilihan
Karena ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan di pagi hari, maka terkadang belanja di pasar jadi agak siang. Sampai di pasar, daging ayam yang dijual hanya tinggal sisa-sisa. Karenanya, tampak tidak segar dan tidak bisa memilih. Kalau sudah gitu, mau lihat daging ayamnya saja malas rasanya. Sebab ketika dimasak, pasti rasanya tidak seenak daging segar.  


Setelah memutar otak, akhirnya teringat kalau So Good kini telah memiliki produk ayam potong. Girang banget akhirnya bisa masak menu yang udah bikin ngiler dari kemarin dengan ayam segar. Dan tahu gitu kagak usah jauh-jauh ke pasar, sebab So Good ini banyak tersedia di mini market sekitaran rumah. Dan pilihan saya jatuh pada ayam utuh potong 10. Meski pertama kali memakai produk So Good Ayam Potong, saya tak lantas ragu sebab setelah dikeluarkan dari kemasan daging ayamnya sangat segar.

Selain masih segar, So Good Ayam Potong juga sangat bersih sehingga tak perlu waktu lama untuk membuatnya siap dimasak. Juara banget produk So Good, praktis (tinggal gunting siap masak) dan higienis (memakai high technology Individually Quick Frozen/IQF untuk pembekuannya). Dari hasil browsing, teknologi IQF ternyata selain menjaga tingkat higienitas juga menjaga cita rasa dan kebersihan daging ayam. Keren bukan ?

Resep Ayam Podomoro Manis Pedas
Sebelum masuk ke bagian bahan dan bumbu, saya mau cerita tentang asal usul kata ‘Podomoro’ pada resep ini. Podomoro berasal dari bahasa Jawa yang artinya pada datang. Pasalnya, banyak bumbu khas Indonesia dicampur di masakan ini. Jadi bumbu-bumbunya ‘podomoro’. Selain itu, saat menu ini sudah terhidang di meja makan, orang-orang yang ada terpesona dan bergegas melihat menu dan langsung ingin makan atau mencicipi. Artinya orang-orang juga ‘podomoro’ buat merasakan kelezatan makanan ini.

Bahan dan bumbu Ayam Podomoro Manis Pedas

Bahan :
1 bungkus So Good Ayam Utuh Potong 10
400 ml air
Bumbu-bumbu yang harus disiapkan
2 batang serai
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 Cabai merah besar
10 Cabe rawit
Bawang Pre
Bawang Bombay
Lengkuas
Daun jeruk
2 lembar daun salam

Cara Memasak Ayam Podomoro
Ayam Podomoro Manis Pedas 

Sebelum memasak, kita perlu memastikan wajan tidak lengket. Selanjutnya, panaskan wajan. Setelah minyaknya panas, tumis semua bumbu hingga harum. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Setelah semua bumbu masuk, masukkan ayam So Good Potong ke dalam bumbu dan campur rata. Sebelumnya, ayam tersebut telah terlebih dahulu digoreng setengah matang. Diamkan ayam dan bumbu yang sudah dicampur beberapa saat. Setelah itu icip rasanya, dan Ayam Podomoro Kuah Manis So Good siap dihidangkan.

Yap, rasa manis pedas gurih Ayam Podomoro So Good bisa membuat keluarga kamu podomoro alias 'pada datang' buat icip-icip masakan ini. Nggak percaya ? Buktikan sendiri yah kawan.  

Comments