Kirab Obor dan Gema Asian Games 2018 di Seluruh Penjuru Indonesia

Tidak berasa perhelatan AsianGames 2018 sebentar lagi akan digelar. Untuk menyambut perhelatan istimewa ini, Indonesia sebagai tuan rumah tengah menggelar kirab obor alias torch relay Asian Games 2018. Tak tanggung-tanggung guys, kirab obor ini dilakukan mengelilingi Indonesia.

Pertama-tama, obor Asian Games diambil dari New Delhi India. Yang menarik adalah api obor di India ini adalah hasil dari cermin parabola yang diarahkan ke matahari. Humm, istimewa  sekali bukan?


Dari India, obor dibawa ke tanah air dan disimpan di Museum Dirgantara Yogyakarta. Selanjutnya, api Asian Game 2018 ini akan disatukan dengan api abadi di Mrapen, Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah. Tentu dilakukan pengambilan api terlebih dahulu di Mrapen baru kemudian dilakukan Konsen Penyatuan Api Asian Games 2018 di area Candi Prambanan. Ritual penggabungan api Asian Games 2018 dengan Api Mrapen merupakan simbol kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah pagelaran terbesar di Asia itu.


Nah, setelah disatukan di Candi Prambanan itulah dilakukan torch relay ke seluruh penjuru Indonesia, (total ada 53 kota dan 18 provinsi) tentunya akan dimulai dari Yogyakarta Mrapen – Simpang Lima - Prambanan – Solo -  Blitar – Kepanjen – Malang - Bromo - Probolinggo – Situbondo – Bondowoso - Banyuwangi - Gilimanuk – Kuta - Denpasar – GWK (Garuda Wisnu Kencana) - Mataram - Raja Ampat – Sorong - Tanjung Bira – Makassar - Juli Banjarmasin -  Banda Aceh - Danau Toba - Pekanbaru Bukit Tinggi-Jambi - Palembang, Banyuasin, Pematang Hilir, Prabumulih, JSC, Ogan Ilir - Bandar Lampung - Serang - Kabupaten Purwakarta, Bandung, Garut - Cianjur - Bogor - Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Torch relay ini bukan hanya sebatas merayakan Asian Games, lebih jauh juga diharapkan dapat menjadi kesempatan pemerintah pusat maupun daerah yang akan dilalui kirab obor untuk mengenalkan budaya serta tempat wisata daerah setempat kepada dunia. Hal ini tentunya akan berdampat luas bagi perkembangan pariwisata di Indonesia.

Sebut saja hari ini ketika torch relay melintasi Bukittinggi, maka tak hanya semangat Asian Games 2018 yang memancar tapi juga pesona pariwisata Bukittinggi yang akan dilirik oleh wisatawan baik lokal maupun internasional.


Selain torch relay yang saat ini sedang berlangsung, panitia yang menggelar Asian Games 2018 yang terdiri dari berbagai pihak berkomitmen akan membuat seluruh rangkaian acara menjadi ajang tak terlupakan. Mulai dari torch relay, pembukaan Asian Games, pergelaran kompetisi tiap cabang olahraganya, hingga penutupan akan dibuat dengan spektakuler. Presiden RI pun berharap seluruh masyarakat juga mendukung ajang ini dengan kontribusi positif baik di dunia nyata ataupun promosi di sosial media.



Comments