Tergiur Sewa Rumah Murah, Teliti Dulu 5 Hal Ini!

Di situasi ekonomi yang kayak gini, makin marak kebiasaan sewa rumah yang dilakukan masyarakat. Umumnya karena alasan pekerjaan, pendidikan atau bahkan pindah tempat tinggal bagi keluarga baru. Khusus keluarga baru, sewa rumah dilakukan biasanya karena budget yang belum cukup untuk membeli rumah.

Banyak pertimbangan yang dilakukan masyarakat untuk menyewa atau mengontrak rumah. Seringnya, konsumen bakalan tertarik pada  kontrakan murah. Tapi jangan sampai hanya karena tergiur harga murah, lantas kita jadi melupakan hal-hal penting yang akan mempengaruhi kenyamanan kita.

Sebelum terlanjur salah pilih kontrakan murah, beberapa hal mendasar di bawah ini wajib banget kita teliti dengan baik. Apa saja hal-hal itu? Yuk langsung simak saja di bawah ini.

Fasilitas yang Akan Didapatkan

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan akan menyewa sebuah rumah adalah fasilitas yang didapatkan. Jangan sampai tergiur harga murah lantas mengabaikan fasilitas-fasilitas dasar yang harus ada di sebuah rumah. Jika terjadi, bisa-bisa kita akan rugi besar. Karena itu, hal utama yang perlu kita lihat adalah fasilitas. Tidak perlu muluk-muluk, asal mampu memenuhi kebutuhan kita tentunya sudah cukup. Fasilitas ini juga berhubungan dengan pengeluaran selanjutnya, misalnya pembayaran listrik atau air. Pastikan kita tahu apa biaya-biaya tersebut masuk pada harga sewa atau kita sendiri sebagai penyewa yang akan membayar

Survei Lokasi Sedetail Mungkin

Setelah fasilitas, hal penting yang harus kita tahu adalah informasi lengkap tentang rumah yang akan kita sewa. Mulai dari akses transportasi, keamanan, lingkungan sekitar rumah, fasilitas umum di dekat rumah (dekat area perkantoran, sekolah, pasar dan sebagainya. Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk berkeliling di sekitar lingkungan rumah tersebut untuk mengetahui pendapat warga sekitar tentang rumah. Biasanya, akan muncul fakta tidak terduga termasuk apakah rumah sering terimbas banjir atau malah fakta lain yang nggak mungkin kita dapat dari penyewa.

Buat Beberapa Alternatif Rumah yang Akan Disewa

Strategi ini wajib kamu gunakan agar bisa mendapat rumah terbaik yang akan kamu sewa. Bandingkan dulu beberapa rumah sebelum nantinya memutuskan. Pertimbangkan semua hal termasuk harga, lokasi, dan juga fasilitas yang ditawarkan. Setelah mengecek semua hal dengan teliti, baru pilih satu rumah yang paling menguntungkan menurut pertimbangan kamu. Nah, buat kamu yang lagi cari-cari tempat tinggal di daerah depok dan sekitarnya adalah sewa rumah depok.

Tawar-Menawar Harga

Setelah mencari rumah kontrakan dan akhirnya merasa menemukan yang cocok, langkah selanjutnya adalah melakukan negosiasi harga. Negosiasi penting agar biaya sewa bisa ditekan. Jika mungkin, tawarkanlah untuk pembayaran beberapa bulan ke depan agar penyewa bisa memberikan harga miring atau diskon kepada kita.

Melaporkan Masalah Kepada Pemilik

Setelah memutuskan memilih sebuah rumah untuk disewa, jangan lupa memastikan sekali lagi apakah semua hal terkait rumah baik-baik saja. Nah, jika kebetulan ada masalah entah terkait dengan bangunan retak, ada bagian lantai yang rusak, listrik bermasalah, air yang tidak hidup dan hal lainnya, pastikan untuk melapor kepada pemilik. Periksa dengan detail setiap sudut dan pastikan pemilik rumah memperbaiki kerusakan jika ada. Ini penting sebelum kita benar-benar menempati rumah tersebut.

Itulah lima hal penting yang wajib banget kita perhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa atau kontrak rumah. Kalau bisa ya, jangan sampai ada satu pun yang terlewat agar tidak menyesal saat sudah memutuskan menyewa sebuah rumah. Oia, jika kamu sedang mencari refensi untuk sewa rumah, bisa lho klik di sini

 

 

 

Comments