Mengejutkan, Cacingan Bisa Jadi Penyebab Stunting

 

Cacingan memang bukan penyakit baru, meski begitu jangan pernah sekali-kali meremehkan gangguan kesehatan satu ini ya Moms. Sebab ternyata, cacingan bisa menyebabkan stunting lho. Nggak mau dong sampai kejadian hal ini, karenanya, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Tentang Cacingan

Cacingan merupakan gangguan kesehatan umum yang kadang dianggap sepele saat terjadi pada anak. Padahal cacingan bisa menjadi mata rantai yang bisa menjadi penyebab turunnya kemampuan anak bahkan stunting. Cacingan sendiri merupakan infeksi yang terjadi akibat parasit cacing seperti cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang, maupun cacing pita.

Adapun gejala anak yang terinfeksi cacing di antaranya badan lemas, sulit makan, mudah mengantuk, perut begah dan terasa kembung, diare, mual muntah, bahkan buang air besar berdarah.

Pengertian Stunting

Merupakan kondisi gagalnya pertumbuhan anak pada anggota tubuh maupun otak, stunting disebabkan oleh kurangnya asupan gizi pada anak dalam jangka waktu yang cukup lama. Dampak stunting cukup merugikan di antaranya masa pertumbuhan yang terhambat bahkan terhenti. Contohnya, perawakan yang lebih pendek dari anak seusianya, kecerdasan anak yang di bawah rata-rata, hingga kemampuan kognitif yang terbatas di masa depan.

Cacingan Menyebabkan Stunting

Cacingan membuat parasit hidup dalam usus dan menyerap berbagai nutrisi yang ada dalam tubuh. Karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh berkurang, maka gizi juga berkurang. Kondisi ini jika tak segera diatasi, lama kelamaan akan menjadi kronis dan menyebabkan stunting.

Cara Mengatasi Cacingan dan Mencegah Stunting

Agar tidak merembet pada permasalahan stunting, cacingan harus segera diatasi dengan cara-cara berikut ini.

Konsumsi obat cacing

Cara paling efektif untuk mengatasi cacingan adalah dengan minum obat cacing. Beragam obat cacing yang beredar di pasaran. Tapi kita perlu jeli memilah dan memilih ya. Salah satu produk obat cacing adalah Konvermex. Konvermex obat cacing keluarga yang sudah teruji.



Konvermex memiliki beberapa keunggulan yang membuat produk ini banyak dikonsumsi masyarakat. Pertama, mengandung bahan aktif Pyrantel Pamoate, Konvermex menghancurkan cacing di tubuh. Jadi baik cacing kremi, gelang, tambang, dan lainnya tidak lagi utuh di tubuh. Kedua, Konvermex lebih praktis karena bisa digunakan tanpa memerlukan pencahar dan keluar saat buang air besar, karena kemampuan ini Konvermex obat cacing yang tepat. Ketiga, Konvermex bisa dipakai semua anggota keluarga. Ya, sebab Konvermex terdiri dari obat cacing orang dewasa yaitu Konvermex 250. Serta ada juga obat cacing untuk anak yaitu Konvermex 125. Keempat, Konvermex memiliki harga terjangkau dan mudah ditemukan di apotik di seluruh nusantara. Kelima, rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali merupakan langkah brilian sebagai upaya pencegahan.

Memperhatikan kebersihan lingkungan

Memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal harus dilakukan. Sebab lingkungan kotor menjadi sarang penyakit. Pastikan di lingkungan tempat tinggal tidak ada sampah sembarangan.

Menjaga kebersihan makanan

Kebersihan makanan dapat dijaga dengan memasak secara higienis seperti mencuci bersih sayuran dan bahan makanan sebelum diolah. Selain itu, masakan harus matang dengan sempurna, serta melindungi masakan dengan tudung saji agar tidak terkena hewan atau benda asing

Menjaga kebersihan anak

Kebiasaan cuci tangan, mandi teratur dan potong kuku teratur harus diterapkan untuk selalu menjaga kebersihan anak. Meski terlihat sepeleh, kebersihan ini penting bagi anak.

Itulah seputar cacingan dan stunting serta cara pencegahannya. Semoga dengan pengetahuan di atas dan implementasinya di kehidupan sehari-hari benar-benar bisa mengatasi dan mencegah cacingan bahkan gangguan stunting pada anak. Yuk selalu semangat mengusakan dan menjaga kesehatan keluarga kita.


Comments