4 Hal Penting Ini Wajib Kamu Lakukan untuk Bisa Miliki Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat merupakan impian semua orang. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita seperti mengulur-ulur waktu untuk menerapkan gara hidup sehat. Padahal, gaya hidup sehat itu butuh sekali diterapkan secepatnya dan kalau bisa selama-lamanya. Ya, demi kepentingan diri kita sendiri. Mengapa demikian?

Gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat sangat butuh kita jalani agar dalam hidup yang berharga ini kita dapat menurunkan resiko terkena penyakit yang bisa memungkinkan kita bisa meninggal di usia sangat muda. Toh meski tidak semua penyakit dapat dicegah, tapi kita masih memiliki peluang besar untuk menghindari penyakit-penyakit mematikan seperti jantung koroner dan kanker. Tentu, cara ampuhnya adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Nah, berikut ini ada beberapa hal penting yang wajib diterapkan agar gaya hidup kita masuk kategori gaya hidup sehat. Yuk langsung simak.

Rutin Berolahraga

Hal wajib dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat adalah berolahraga secara rutin. Sebab banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan jika melaksanakan olahraga secara teratur. Manfaat tersebut antara lain memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan otot, dan juga meningkatkan kesehatan jantung.

Olahraga juga terbukti membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah. Efek nyata dari hal ini adalah kita bisa memiliki energi ekstra untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Durasi ideal olahraga per minggu adalah 150 menit. Bagi yang baru akan membiasakan diri melakukan olahraga, bisa dicoba dengan kegiatan yang sederhana seperti berjalan kaki dan naik turun tangga.

Hidup Bersih

Gaya hidup sehat tidak bisa dipisahkan dari pola hidup bersih yang akan membantu kita jauh dari berbagai penyakit yang dibawa oleh bakteri, virus ataupun kuman. Membiasakan diri mandi dengan teratur dan cuci tangan dengan rutin menggunakan sabun anti bakteri bisa menjadi salah satu cara efekti.

Salah satu sabun antibakteri yang bisa jadi pilihan untuk mencuci tangan agar bersih adalah Lifebuoy Hand Wash yang mengandung Formula Silver Activ. Formula tersebut memiliki kemampuan membunuh beragam kuman penyebab penyakit yang ada di lingkungan rumah. Tak hanya kuman, virus penyebab masalah kesehatan pun ambyar dengan bahan aktif tersebut.

Nah, untuk melindungi keluarga saat bepergian, ada Lifebuoy Hand Sanitizer yang juga mengandung formula efektif untuk membunuh dan menjaga tangan dari kuman hingga 10 jam.

Mengelola Stress

Hal yang paling sering diabaikan masyarakat kekinian adalah stress. Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik lho. Jika kesehatan mental menurun, maka energi dan fokus juga akan terganggu. Selain itu, kondisi ini dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Karenanya,  mengelola stress dengan baik juga masuk salah satu poin penting dalam gaya hidup sehat. Stress bisa dikelola dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga rutin dapat merangsang produksi endorphin (bahan kimia otak ) yang merangsan seseorang menjadi lebih bahagia dan lebih tenang. Selain olahraga, stress bisa dikendalikan dengan melakukan sosialisasi dengan orang-orang tercinta.

Pola Makan

Makanan memiliki beragam jenis dan bentuk yang menggiurkan. Namun konsumsi makanan secara sembarangan tanpa memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya, bisa mendatangkan banyak bahaya. Yang paling sering adalah terjadinya penyakit diabetes dan obesitas. Karenanya pola makan yang benar penting agar gaya hidup kita sehat.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh setidaknya harus bergizi seimbang. Usahakan rutin konsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap hari. Pilih juga makanan rendah kalori namun mengandung gizi yang tinggi. Rutin melakukan sarapan sehat juga membantu mengontrol gula darah. Sebab melewatkan sarapan cenderung memicu peningkatan gula darah sehingga lemak dalam tubuh juga meningkat.  

Itulah empat hal penting yang wajib dilakukan untuk mulai mencapai gaya hidup sehat. Ingat, hal-hal di atas tidak bisa diraih hanya dalam semalam ya. Karenanya, ayo segera mulai membiasakan hidup sehat dari sekarang. Tunggu apa lagi coba?

 

Comments