6 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Untuk Menjaga Kebersihan Diri

 

Kebanyakan orang tentunya familiar dengan kegiatan-kegiatan seperti mencuci tangan, mandi, sikat gigi, dan hal sejenisnya. Kegiatan ini, tentunya dilakukan untuk menjaga kebersihan diri. Meski rutin dilakukan, tidak serta merta membuat masyarakat memahami dengan baik apa tujuan sesungguhnya menjaga kebersihan diri.



Menjaga kebersihan diri


Menjaga kebersihan diri alias personal hygiene dilakukan untuk memelihara kesehatan guna memperoleh kesejahteraan  fisik serta psikis yang optimal. Kesejahteraan fisik ini maksudnya adalah mencegah resiko terkena infeksi penyakit. Sedangkan kesejahteraan psikis adalah peningkatan rasa percaya diri yang berimbas pada produktivitas yang tinggi serta citra baik di lingkungan sosial.

Bagaimana agar kita tahu tolak ukur bahwa kita telah menjaga kebersihan diri dengan baik? Tentunya adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan untu menjaga kebersihan diri. Apa saja itu? Yuk simak pada bahasan berikut ini.

Rajin Cuci Tangan dengan Sabun

Mayoritas penyebab infeksi yang terjadi dalam tubuh manusia terjadi akibat sentuhan makanan dan mulut dengan tangan kotor. Untuk mencegah hal ini, tentu alternatif mencuci tangan dengan sabun dapat menghindari infeksi penyakit. Cuci tangan dengan sabun minimal dilakukan ketiaka usai mengghunakan toilet, sebelum memasakn/menyiapkan makanan,  sebelum dan sesudah makan, setelah memegang hewan, dan saat berada di sekitar orang yang batuk atau pilek

 Teratur Menyikat Gigi

Sikat gigi setidaknya harus dilakukan sebanyak dua kali sehari. Yaitu pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Hal ini bertujuan untuk mencegah bau mulut, infeksi pada gigi, dan munculnya plak gigi. Banyak yang tidak tahu bahwa bau mulut di pagi hari disebabkan air liur tidak diproduksi saat anda tidur. Sedangkan di mala hari, produksi air liru berkurang dan bakteri perusak gigi lebih aktif. Itulah mengapa pagi dan malam hari menjadi waktu ideal untuk menggosok gigi.

Rutin Mandi Setiap Hari

Kebersihan badan merupakan satu hal yang penting dalam menjaga kebersihan diri. Untuk mencegah bakteri, polusi, dan debu saat beraktivitas di luaran, setidaknya lakukan mandi dua kali sehari. Selain itu, untuk menjaga agar tubuh tetap fresh dan terhindar dari problem bau badan dan keringat berlebih, ada Rexona deodorant antiperspirant yang bisa menjadi solusi.

Kebersihan Kuku

Membiarkan kuku panjang dan kotor merupakan hal yang tidak bijak. Sebab melalui kuku, bakteri penyebab infeksi sangat mudah untuk menyebar ke mana-mana. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan kuku di antaranya adalah rutin memotong kuku dengan alat yang bersih dan steril. Selain itu, jangan melakukan kebiasaan menggigit atau merobek kuku. Juga, jangan lupa membersihkan ujung-ujung kuku saat mencuci tangan.

Menjaga Kebersihan Kaki

Kebersihan kaki juga pentinguntuk di jaga. Sebab jika tidak, bakteri dengan mudah akan berkembang di kulit kaki dan menimbukan bau tak sedap. Menjaga kebersihan kaki bisa dilakukan dengan mencuci kaki secara rutin dan mengeringkannya dengan handuk. Selain itu, rutin mengganti kaos kaki dan sepatu (tidak menggunakan kaos kaki dan sepatu itu-itu saja setiap harinya). Terakhir, hindari memakai kaos kaki/alas kaki saat kaki basah. Sebab kondisi lembab membuat bakteri lebih cepat berkembang di area kaki.

Menjaga Kebersihan Pakaian

Memakai pakaian kotor cukup berbahaya. Sebab bakteri penyebab infeksi menempel pada pakaian kotor dan dengan mudah bisa berpindah pada kulit kita. Karenanya, jaga kebersihan pakaian dengan mencucinya sebelum menggunakan kembali. Paling bagus, jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung agar kumam penyebab penyakit dan infeksi bisa mati.

Itulah keenam hal yang wajib kita lakukan agar kebersihan diri terjaga. Memang terlihat rutin ya, tapi jika kita bisa memahami hal-hal tersebut dengan baik, pasti bisa melakukannya dengan lebih baik saja bukan hanya menggugurkan kebiasaan. Pada akhirnya, semoga kita selalu mempu menjaga kebersihan diri sehingga kesehatan diri dan keluarga bisa diwujudkan ya. Semangat....

With all of my heart, Aini

 

 

Comments