6 Hal Ini Menguak Apa Manfaat Bermain Bagi Anak

Bagi pemilik buah hati yang menginjak usia satu tahun dan selebihnya, pasti mulai mengalami kesulitan ya dalam menjaga ananda. Ya benar, harus ekstra kerja keras menjaga ananda yang mulai mencoba berbagai kegiatan permainan. Alih-alih membatasi, orang tua justru harus menjadi pendukung dan aktif memilah dan memilih mana kegiatan yang akan mendukung tumbuh kembang anak.

apa manfaat bermain

Apa manfaat bermain bagi anak ? Ini mungkin pertanyaan yang seringkali muncul bagi sebagian besar orang tua. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa anak-anak memiliki satu tugas saat mulai tumbuh yaitu bermain. Sebab dengan bermain, tumbuh kembang fisik, kemampuan otak, dan kemampuan adaptasi sedang dilatih sedikit demi sedikit. Lebih lanjut, manfaat bermain bagi anak terangkum dalam beberapa hal di bawah ini.

Berlatih untuk Memecahkan Masalah

Bermain tidak melulu mendatangkan kesenangan. Tidak jarang di tengah-tengah kegiatan bermain, anak mendapati kesulitan. Nah di saat itulah anak berlatih sedikit demi sedikit untuk memecahkan masalah dan mencari solusi untuk menghadapi situasi tertentu. Makin sering bermain, artinya makin banyak pula kesempatan anak berlatih memecahkan masalah yang akan membuatnya mudah dalam memecahkan berbagai macam kesulitan.

Menunjang Kesehatan Fisik

Bermain terutama permainan di luar ruang terbuka yang banyak melibatkan aktivitas fisik sangat bagus. Sebab bermain seperti itu dapat melatih motoric halus dan motoric kasar anak. Selain itu, bermain juga dapat mengurangi resiko anak-anak merasa stress, lesu, obesitas dan depresi.

Sebagai Stimulus Berbicara

Bagi bayi dan anak-anak umur kisaran 1 hingga  2 tahun, bermain dapat menjadi media untuk menguasai bahasa dan melatih berbicara. Melalui kegiatan bermain anak-anak mampu mengenal kosa kata baru dan belajar cara berkomunikasi dengan teman dan orang-orang di sekitarnya. Tahapan seperti ini juga merupakan proses penting yang nantinya akan menjadi tahapan awal untuk belajar lebih banyak hal lainnya.

Membantu Menemukan Minat Anak

Bermain memang tujuan utamanya adalah untuk tumbuh kembang anak itu sendiri. Namun di sisi lain, manfaaat bermain juga bisa dirasakan orang tua. Salah satunya adalah dapat membantu orang tua mengenali dan memetakan minat anak. Umumnya ada dua kondisi, pertama anak dominan suka bermain mengandalkan motorik kasar atau aktivitas fisik. Kedua, anak betah berlama-lama dalam permainan motorik halus yang melibatkan imajinasi saat bermain.

Dengan mengetahui minat anak, orang tua bisa terbantu mengarahkan potensi mereka sehingga dapat mendukung dengan maksimal.

Menunjang Fungsi Kognitif dan Eksekutif

Tidak melulu untuk bersenang-senang, bermain juga melatih anak mengendalikan rentang fokus, emosi, daya ingat, serta fleksibilitas kognitif. Sebaliknya anak yang memiliki waktu bermain terbatas, beresiko mengalami kesulitas menjaga fokus dalam rentang waktu yang lebih lama.

Mengasah Kecerdasan Sosial Emosional

Kemampuan sosial dan emosional tidak bisa diasah tanpa adanya interaksi dengan sekitar. Lewat bermain, anak akan mengalami proses interaksi bersama teman-temannya. Lewat bermain juga anak bisa belajar tentang toleransi, memahami orang lain, tidak egois, dan bahkan memupuk kepercayaan dirinya.

Itulah poin-poin penting manfaat bermain bagi anak. Setelah mengetahui pentingnya bermain, maka sebaiknya orang tua menjadi pendukung dan pengontrol aktivitas bermain agar tidak salah jalur dan dapat memaksimalkan tumbuh kembang buah hati.

Beberapa langkah yang bisa diambil adalah dengan memberi anak ruang untuk bermain, mengajak anak melakukan permainan bersama, dan hal-hal lain yang menyenangkan.Intinya, bagi anak-anak bermain merupakan keajaiban agar mereka tetap bisa seperti sedia kala.

 

 

 

Comments