Langganan Banjir Dampak Perubahan Iklim Beberapa Tahun Ini dan Ecobricks Sebagai Solusi

 

Langganan Banjir Dampak Perubahan Iklim Beberapa Tahun Ini dan Ecobricks Sebagai Solusi

Beberapa tahun terakhir, iklim di tanah air benar-benar mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mulai panas yang sangat menyengat, dingin yang membuat badan menggigil, dan hujan lebat berangin yang terkadang tiba-tiba saja turun. Belum lagi, petir di daerah pegunungan yang sangat dahsyat. Bahkan, bulan lalu ada dua kasus meninggal akibat tersambar petir di daerahku.

FYI, rumahku berada di daerah jalanan menuju gunung Bromo tepatnya kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan yang hampir setiap musim penghujan jadi langganan banjir.

Faktor Penyebab Perubahan Iklim terhadap Lingkungan Sekitar

Perubahan iklim merupakan perubahan rata-rata salah satu atau lebih elemen cuaca pada suatu daerah tertentu (Lapan, 2002). Perubahan ini salah satunya terjadi pada suhu, curah hujan, dan pola angin yang terjadi selama beberapa rentang waktu.

Faktor penyabab terjadinya perubahan iklim secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam terdiri dari atmosfer yang di dalamnya termasuk suhu, unsur-unsur di udara, uap air, dan lainnya. Selain itu daratan yang meliputi resapan tanap, keaktifan gunung berapi, unsur di tanah, laut, serta radiasi matahari termasuk faktor alam.

Kedua, faktor manusia  yang tentunya merupakan perilaku dan tindakan yang dengan sadar atau tidak sadar dilakukan manusia sehingga membuat alam menjadi terpengaruh.


 

Adapun faktor manusia yang terjadi di antaranya pencemaran asap mesin industry dan kendaraan bermotor. Pencemaran lain yang terjadi adalah sampah plastik berlebihan yang mencemari air, tanah, bahkan udara disebabkan pembakaran sampah plastic tersebut. Masalah sampah ini masih menjadi momok yang belum bisa diatasi.

 

Dampak Perubahan Iklim terhadap Lingkungan Sekitar

Dampak perubahan iklim terhadap lingkungan terhitung cukup banyak. Di antaranya:

1.       Cuaca ekstrim yang beberapa tahun ini sering terjadi. Semisal adanya kemarau yang berkepanjangan, gelombang panas yang meningkatkan suhu udara dan terjadinya hujan asam.

2.       Efek rumah kaca yang membuat suhu bumi meningkat

3.       Banjir ekstrem yang diakibatkan melelehnya es di kutub-kutub bumi yang menyebabkan permukaan air naik.

Langkah untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim bisa dilakukan beberapa hal di antaranya :

  • 1.       Memakai barang-barang hemat energi serta ramah lingkungan
  • 2.       Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan meminimalisir penggunaan pendingin ruangan
  • 3.       Melakukan aksi penanaman pohon atau tanaman lainnya.
  • 4.       Mengelola sampah yang ada dengan bijak sebagai wujud mencintai bumi. Dalam arti lain berkontribusi #UntukmuBumiku #TeamUpforImpact

Sampah Plastik Menumpuk Akibatkan Pemukiman Langganan Banjir

Di daerahku sendiri, yang masih menjadi momok adalah penumpukan sampah di mana-mana. Di sungai, selokan, bahkan di area lahan kosong dijadikan tempat pembuangan sampah plastik. Akibatnya, saat hujan turun sampah-sampah plastik ini ikut terbawa arus air serta menghalangi jalannya air dan akhirnya membuat air meluap ke rumah-rumah warga.

Ecobricks, Bentuk Tanggung Jawab Kita Terhadap Konsumsi Plastik

Dikutip dari unejdotcodotid, Ecobricks merupakan metode yang digunakan untuk meminimalisir sampah plastic dengan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik bersih hingga botol tersebut benar-benar keras dan padat. Tujuan dari ecobricks adalah untuk mengurangi sampah plastic serta melakukan daur ulang menggunakan media botol plastik. Selanjutnya, botol plastic dijadikan sesuatu yang berguna. Seperti contoh pembuatan meja, kursi, tembok maupuk barang lainnya dengan memanfaatkan ecobricks.

 

Comments