Urutan Memakai Toner dan Cleanser, Mana yang Lebih Dulu ?

Perawatan kulit di tanah air kini mengalami perkembangan yang sangat luar biasa ya guys. Di berbagai sudut negeri ini telah menjamur dengan beragam fungsi dan bahan-bahan yang digunakan. Nah belakangan yang sedang hits adalah perawatan asal korea yang mendadak menyerbu pasar tanah air.


Di balik keberagaman perawatan kulit ini, ternyata banyak loh yang kebingungan apa sesungguhnya manfaatnya bagi kulit dan seperti apa penggunaan yang tepat. Dua di antara rangkaian perawatan kulit yang kerap membingungkan pemakainya adalah toner dan cleanser. Meski sama-sama sebagai perawatan kulit wajah, urutan dan fungsi kedua produk ini sangat membingungkan bagi sebagian orang. Mana yang lebih dulu digunakan, apakah toner dulu atau cleanser dulu? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini.

Sekilas tentang cleanser


Berasal dari kata clean yang berarti bersih, jelas cleanser memiliki arti pembersih. Menurut Patricia Husada, cleanser berfungsi untuk membersihkan kotoran dan sisa-sisa make up yang ada di wajah. Sebab dalam cleanser terdapat kandungan oil, maka make up akan terangkat dengan baik.

Sekilas tentang toner


Kalau cleanser basenya oil, maka toner basenya adalah air dengan konsistensi seperti cuka. Bahan-bahan ini mengandung zat aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit yang sensitive. Menurut dr. Joel Schlessinger dalam wolipop, tidak hanya membersihkan residu seperti minyak dan sisa make up, toner juga berfungski menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit. Bahkan toner bisa mengurangi tampilan bintik-bintik hitam serta mengurangi kemerahan dan peradangan.

Selain itu, toner juga berfungsi mempersiapkan kulit sebelum memakai serum dan perawatan antipenuaan. Setelah memakai toner, kemungkinan besar kandungan bahan-bahan yang dipakai lebih terserap dengan baik ke dalam kulit wajah. Manfaat lain dari toner adalah untuk menyerap dan mengontrol minyak dan kotoran yang ada di dalam pori-pori. Karenanya produk ini cocok untuk kulit normal, kering dan terlebih lagi kulit berminyak.

Baca juga : 5 Tips Tampil Good Looking dan Menambah Tingkat Kecantikan 5% Lebih

Urutan pemakaian cleanser dan toner yang benar

Urutan pemakaian yang benar pertama-tamma adalah cleanser. Setelah itu baru toner dan bisa dilanjutkan dengan serum wajah. Agar lebih jelas saya akan memberikan contoh penggunaannya dengan produk Wardah. Dan berikut ini adalah urutan yang benar. Atau bisa kamu lihat videonya di sini

  • Mengaplikasikan Wardah hydrating cleanser with aloevera yang bertekstur creamy dengan aroma aloe vera yang menyegarkan. Usapkan secukupnya ke seluruh bagian wajah. Setelah itu angkat dengan kapas dengan gerakan mengarahkan keluar. Fungsinya agar kulit muka lebih kencang. Seusai tahap ini beberapa orang memilih mencuci wajahnya dengan air agar lebih segar. Tapi beberapa orang langsung menuju step berikutnya ketika cleanser di wajah sudah dibersihkan.
  • Step selanjutnya adalah mengaplikasikan Wardah hydrating toner with aloevera. Caranya dengan mengambil kapas kering dan meneteskan cairan toner ini secukupnya dan dioleh ke wajah.
  • Mengaplikasikan serum wajah jika ada.


Itu dia serba serbi tentang cleanser dan toner yang urutannya sering membingungkan masyarakat. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira kamu masih bingung nggak sih mana yang harus didulukan antara cleanser dan toner?



Comments