Menikmati Bubur Ayam Abah Odil yang Legendaris di Malang

Di cuaca yang cukup galau, pagi-pagi gerimis sebentar kemudian panas teng-teng, eh  tiba-tiba turun hujan seperti ini, enaknya bahas makanan kan ya guys? Iyain aja deh ya, daripada baper kan, mending ngurusin laper. Hehe…

Cerita pertama kali mencicipi lezatnya Bubur Ayam Abah Odil di tahun 2017

Jadi aku mau cerita tentang bubur favorit aku di Malang. Nah, sebutannya Bubur Ayam Abah Odil. Pertama kali merasakan Buryam Abah Odil itu sekitaran tahun 2017 tapi lupa bulan apa. Saat itu  kebetulan sedang puasa dan ada seorang teman yang sedang pengen buka dengan bubur. Jadilah, selepas semua pekerjaan di sekolah seselai kamu bertiga mencari-cari kedai bubur dan berkat mbah google akhirnya sampai di Buryam Abah Odil di daerah Suhat, Malang.

Sebab masih banyak hal yang akan dikerjakan, kami pun hanya bisa membungkus bubur lantas membawanya pulang. Dan tentu saja setibanya di rumah masih harus bebersih diri. Setelah itu, barulah bisa mencicipi bubur yang cukup populer itu.

Uniknya, meski tidak langsung dimakan, panas bubur masih terjaga dengan baik lho guys. Terbukti, di tengah-tengah  masih terasa hangat buburnya. Tekstur bubur juga pas. Tidak terlalu berair, tidak juga keras, tidak terlalu lembut, tapi tidak kasar juga. Lembutnya itu sangat pas, dan justru itu yang membuat enak di lidah.

Untuk rasa buburnya sendiri, sedikit lebih asin dari bubur-bubur Jawa yang pernah aku cicipi. Topingnya juga unik, ada cakwe, taburan ayam halus, bukan ayam suwir seperti bubur ayam umumnya ya. Saat kombinasi bubur, cakwe, dan ayam halus masuk dimulut, ini rasanya beneran enak. Rasa bubur ayam yang unik dan baru pertama kali aku rasakan. Usut punya usut, ternyata bubur ini makanan dari Tasikmalaya loh… Dalam hati, pantes beda. Seperti rasa yang belum pernah ada. Aseeek…

Berkesempatan bertemu Abah Odil, founder Buryam Abah Odil

Beberapa waktu lalu, saya dan teman-teman blogger Malang berkesempatan mengunjungi Bubur Ayam Abah Odil. Dan di acara tersebut, kami bukan cuma icip-icip bubur tapi juga mengetahui awal mula usaha ini dan banyak hal lainnya.

Bubur ayam Abah Odil merupakan  wujud mimpi yang menjadi kenyataan dari seorang yang kerap disapa Abah Odil. Mimpi yang sangat sederhana, yaitu mendalami agama lebih baik dengan waktu yang lebih leluasa. Untuk mewujudkan hal itu, Abah Odil terlebih dahulu resign dari pekerjaannya sebagai kepala produksi di perusahaan tekstil di Pasuruan lantas mencoba berbagai macam usaha.
Dari kiri : Ami Rosad (menantu Abah Odil)-Abah Odil - Qusnul Yaqin (menantu Abah Odil)
Laki-laki asal Tasikmalaya itu pun pernah berjualan segala macam benda meliputi roti-roti kering, kacang, jualan tetel, hingga beragam baju. Sayangnya, dari sekitar 21 macam produk yang akan dijual, akhirnya bubur yang membuat Abah Odil sukses seperti sekarang ini. Abah Odil pun nekat berjualan bubur dimulai dari tahun 2004. Percaya tidak percaya, di hari pertamanya menjajakan bubur dengan gerobak ia hanya mendapat uang sebesar Rp 14.000. Tapi kini, Bubur Ayam Abah Odil sudah berkembang hingga memiliki sekitar 8 cabang.

Keunggulan Bubur Ayam Abah Odil


Jika ditanya mengapa sejak pertama kali membeli langsung suka bubur ini, maka biarkan aku menjelaskan. Pertama, bubur ini memiliki rasa khas yang tidak aku temukan di penjual lain.  Usut punya usut, ternyata dalam proses pembuatannya menggunakan kaldu ayam. Karenanya, rasa bubur ayam abah Odil sangat tidak mudah dilupaan.


Kedua, bubur Ayam Abah Odil sudah terbukti higienis dan mendapat sertifikat juga untuk hal itu. Karenanya, konsumen tidak perlu khawatir.  Ketiga,  harga bubur ayam terbilang murah meriah. Contohnya untuk harga bubur ayam istimewa adalah Rp 13.000 saja, sedangkan untuk bubur ayam spesial rempelo ati hanya seharga Rp 17.000 saja. Murah meriah kan guys...  Keempat, bubur yang disajikan ada berbagai macam mulai dari bubur ayam istimewa, bubur ayam rempelo ati dan bubur ayam sayur yang cocok buat kamu yang sedang diet atau vegan.


Kelima, di stand penjualan bubur ayam tidak hanya menyediakan menu bubur. Ada banyak menu yang tersedia di antaranya nasi kuning, lontong sayur, nasi pecel Madiun, nasi uduk dengan berbagai lauk. Tak ketinggalan lauk seperti sate ayam, sate telur, dan juga minuman-minuman khas seperti bajigur dan bandrek pun tersedia. Keren kan guys. 

Lokasi Bubur Ayam Abah Odil di Malang

Kamu yang sudah mulai penasaran dan ingin segera menikmati bubur ayam atau menu lain di @buryam.abahodil bisa langsung ke tempat-tempat berikut ini ya guys.
  • Stand Pusat : Jalan Soekarno Hatta Ruko Griya Shanta Eksekutive MP 48-49
  • Cabang Candi Panggung :  Jalan Candi Panggung No. 9 Malang
  • Cabang Sawojajar : Jalan Maninjau, Taman Jajan Al-Fatih
  • Cabang ITN : Pujasera Abilowo di Jalan Bendungan Kedung Ombo
  • Cabang PTM : Ruko Mutiara Jingga Residence, Kavling Al
  • Cabang Arhanud : Donowarih, Karangploso
  • Cabang Karang Ploso : Rest Area Karangploso
  • Cabang Jetis : Jalan Raya Mulyoagung Jetis Dau

Informasi Kemitraan dengan Buryam Abah Odil


Untuk semakin mengembangkan usahanya yang bertujuan agar semakin tidak pudar oleh waktu, Bubur Ayam Abah Odil memiliki program kemitraan (bekerja sama dengan sistem investasi dan bagi hasil). Nah, untuk tahu lebih detail, siapa saja yang berminat menjalin kemitraan bisa menghubungi nomor whatsapp 0895362623737

Nah, itu dia cuap-cuap tentang bubur ayam legendaris Abah Odil. Selain cita rasa yang khas, proses pengolahannya pun sangat higienis. Itulah kenapa kamu harus banget  untuk mencicipi bubur istimewa ini guys.





Comments