Teknologi Hybrid, Listrik Untuk Seluruh Rakyat!

Isu pemerataan listrik yang belum menyentuh seluruh pelosok Indonesia bukan merupakan persoalan baru. Kendala medan yang sulit untuk instalasi listrik PLN menjadi salah satu alasan belum tersentuhnya seluruh pelosok negeri oleh listrik. Padahal jika dilihat dari potensinya, Indonesia memiliki sumber energi yang berlimpah untuk dijadikan energi lsitrik.



Salah satu sumber energi yang melimpah tersebut adalah sinar matahari. Indonesia sebagai salah satu negara yang dilewati oleh jalur khatulistiwa mendapatkan pancaran sinar matahari sepanjang tahun. Potensi tersebut harusnya dapat dimanfaatkan dengan menjadikannya sebagai salah satu alternatif sumber energi.

Pembangkit listrik tenaga surya, saat ini bukan hal yang tidak mungkin untuk dibuat mengingat inovasi teknologi fotovoltaik atau sel surya yang semakin berkembang tiap tahunnya. Pembangkit listrik tenaga surya saat ini belum dapat secara tunggal dijadikan suplay energi utama, namun harus berkolaborasi dengan pembangkit listrik konvensional lainnya sebagai sumber tenaga sekunder. Penggabungan antar keduanya disebut dengan teknologi hybrid atau energi hybrid. Instalasi sistem hybrid ini merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh Sewatama.

Sistem hybrid yang ditawarkan sewatama menggabungkan sistem sumber listrik tenaga surya sebagai sumber tenaga utama dengan generator konvensional. Penerapan panel surya terbaik dari instalasi pembangkit listrik tenaga surya dapat menghasilkan energi listrik yang optimal. Instalasi ini meliputi pertimbangan sudut terima cahaya matahari dan luasan dari panel surya. 

Ketika panel surya menerima energi yang minim maka generator kelistrikan lainnya dalam hal ini generator konvensional akan mengambil alih peran sumber daya utama. Sebaliknya, jika sumber energi utama elah mampu menghasilkan energi minimum, maka fungsinya kembali diambil oleh oleh sumber tenaga utama.


Sistem hybrid berkontribusi dalam menekan laju pemanasan global. Pembangkit listrik tenaga surya yang merupakan bagian dari sistem hybrid memiliki kadar emisi 0%. Selain itu, teknologi hybrid inipun instalasinya memungkinkan untuk diterapkan diseluruh pelosok negeri karena instalasinya yang mudah. Teknologi hybrid menjawab kebutuhan listrik di seluruh pelosok negeri!

Comments