Trik Jitu Perawatan Rambut Ketombe di Rumah

Tanda-tanda awal ketombe adalah gatal-gatal pada kulit kepala. Namun, ketika digaruk malah menimbulkan serpihan putih kecil berjatuhan. Memiliki masalah ketombe pada rambut memang sangat tidak nyaman dan mengurangi kepercayaan diri. Banyak orang berbondong-bondong ke salon untuk melakukan perawatan rambut ketombe.



Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang disebut dermatitis seboroik. Penyebab utamanya karena pertumbuah jamur ragi Malassezia, psoriasis, dan eksim. Tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang pergi ke salon. Anda dapat mengatasinya dengan merawat rambut berketombe di rumah.
Perawatan Rambut Ketombe Secara Mandiri

Perawatan berikut ini sangat ampuh menghilangkan ketombe anda dengan cepat. Pilihlah produk perawatan seperti shampo, kondisioner, masker, dan serum yang kaya bahan berikut ini.

1.Tea tree oil


Tea tree oil merupakan esensial minyak yang terbuat dari Melaleuca alternifolia. Minyak tersebut dikenal oleh masyarakat sebgai anti jamur dan antiseptik untuk kulit kepala. Pilihlah produk perawatan rambut yang kaya kandungan tea tree oil. Pasalnya, proses menghilangkan ketombe dengan tea tree oil lebih cepat.

2.Baking soda


Ternyata baking soda merupakan bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut. Baking soda dapat membantu pengelupas ringan untuk sel kulit mati pada rambut. Disamping itu dapat menjadi agen pengering yang ampuh mengurangi kelebihan minyak di kulit kepala.
Manfaat lainnya adalah mampu menyeimbangkan ph dan menetralisir kulit kepala dari jamur. Cara penggunaannya cukup mudah, campurkan baking soda dengan sedikit air. Selanjutnya, gosokkan dan pijat perlahan pada kulit kepala. Ketika membilasnya gunakan air hangat dan tidak boleh memakai shampoo.

3.Apple cider vinegar

Cuka apel sangat ampuh menghilangkan ketombe dan membuatnya tidak kembali lagi. Kandungan enzim dan asam yang tinggi membunuh bakteri dan jamur penyebab ketombe. Selain itu, cuka apel juga menyegarkan pori-pori kulit kepala dan mampu menyeimbangkan kadar pH.

4.Lidah buaya


Lidah buaya tidak hanya berguna untuk mengobati luka bakar ringan. Tetapi gel lidah buaya sering digunakan untuk mengurangi rasa gatal karena ketombe. Zat antiseptik pada lidah buaya juga dapat menjadi anti radang dan antiseptik. Jika sulit menemukan lidah buaya asli, anda dapat menggunakan shampoo dengan ekstrak aloe vera.

Itu dia bahan-bahan yang bagus untuk mengatasi masalah ketombe. Baik tea tree oil, baking soda, apple cider vinegar, dan lidah buaya, semuanya memiliki bahan aktif yang efektif mengurangi bahkan mengatasi masalah ketombe. Baiknya, pilih bahan yang paling cocok untuk kulit rambut kamu ya guys. 

Comments