Cara Mencuci Sepatu Kain Yang Benar, Ini Triknya

 

Saat ini, muda mudi maupun orang dewasa sedang keranjingan ootd alias outfit of the day. Tren fashion selalu berkembang setiap harinya. Kegemaran masyarakat pun terus dinamis dalam kaitannya dengan fashion. Meski begitu, salah satu item pelengkap berbusana yang masih setia digandrugi masyarakat adalah sepatu. Khususnya sepatu kain yang modelnya dinamis mengikuti perkembangan zaman. Berbagai model ditawarkan untuk memancarkan berbagai macam kesan. Masalahnya, ternyata perawatan sepatu kain tidak bisa sembarangan. Saya cara membersihkannya, sepatu bisa cepat rusak lho.

cara mencuci sepatu

Cara mencuci sepatu kain harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan banyal hal. Jika salah strategi, sepatu bisa cepat sekali rusak. Untuk mengetahui cara mencuci sepatu dengan benar, yuk kita perhatikan poin-poin penting berikut ini.

Singkirkan Kotoran Terlebih Dahulu

Umumnya, kita langsung membasahi sepatu dan meluruhkan kotoran-kotoran dalam sepatu dengan air. Padahal cara tersebut kurang tepat. Terlebih dahulu bersihkan kotoran-kotoran kecing yang menempel dalam sepatu. Seperti pasir, tanah, atau lumpur kering lebih mudah dimusnahkan saat kering dengan bantuan sikat gigi bekas ataupun kain lap kering. Setelah dirasa cukup bersih, libatkan air untuk memulai aktivitas mencuci.

Gunakan Air Hangat untuk Mencuci

Untuk hasil yang maksimal, cuci sepatu menggunakan air hangat. Sebab jika dibandingkan dengan air dingin, air hangat lebih ampuh membersihkn kotoran yang menempel di sela-sela kain. Meski begitu, tetap perhatikan suhu air agar tidak terlalu panas. Sebab air panas justru membuat sepatu rusak dan mengkerut.

Menggosok dengan Sikat Berbulu Halus

Jangan sekali-kal menggunakan mesin cuci untuk mencuci sepatu kain, sebab jahitan sepatu mudah rapuh dan rusak. Cuci sepatu dengan tangan menggunakan sikat berbulu halus seperti sikat gigi. Gosok secara perlahan agar serat kain tetap terjaga. Untuk bagian alas sepatu bisa menggunakan sikat yang lebih kuat. Tapi untuk bagian kain, sikat halus akan membuat serat kain awet dan memperpanjang masa pakai sepatu.

Pilih Deterjen Non-Pemutih

Hal penting yang harus benar-benar diperhatikan adalah memilih deterjen yang tidak mengandung pemutih. Sebab pada deterjen berpemutih terdapat kandungan natriu hipoklorit atau natriu perklorat yang dapat merusak partikel dan kain sepatu. Yang paling berbahaya adalah efek pemutih yang dapat membuat warna pada kain jadi pudar dan tidak cemerlang seperti semua. Supaya aman, gunakan deterjen yang khusus dirancang untuk merawat kain berwarna.

Salah satu produk yang bisa menjaga warna sepatu kain agar tetap cerah dan memudar adalah Rinso Colour & Care. Telah dirancang tanpa bahan pemutih, produk deterjen ini sangat aman digunakan untuk merawat sepatu kain kita. Dan paling penting Rinso Colour & Care ini bisa membersihkan serat kain dari noda dan menjaga warna kain tetap cemerlang.

Jangan Jemur di Bawah Matahari Langsung

Jika sepatu kain dirasa sudah bersih, bilas menyeluruh menggunakan air hingga tidak ada busa atau sabun yang tersisa. Busa yang menempel bisa meninggalkan bercak putih pada sepatu. Karenanya, membilas dengan teliti dan menyeluruh sangat mempengaruhi hasil akhir pencucian sepatu. Langkah terakhir yang tak kalah penting adalah proses penjemuran sepatu. Jemur sepatu di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Panas matahari bisa membuat serat kain mengalami kerusakan dan warna kain cepat memudar. Jika kebetulan hari sedang hujan, manfaatkan kipas angn untuk membantu proses pengeringan sepatu.

Itulah lima trik jitu mencuci sepatu kain dengan baik dan benar. Ingat, mencuci bukan hanya soal asal bersih. Tapi bagaimana cara untuk menjaga agar sepatu kain kesayangan kita bisa awet dan tetap dalam tampilan yang memukau

 

 


Comments