Cara Menyimpan Gambar dan Video dari Instagram tanpa Aplikasi

Banyak dari kita yang kesulitan saat mau menyimpan gambar atau video yang berasal dari akun instagram. Saya juga punya pengalaman kesulitan, pas waktu itu ada foto yang terhapus di memori hape, tapi masih ada di instagram. Pas mau simpan kok susah. Akhirnya saya menggunakan cara screenshoot. Tapi hasilnya tidak optimal, dan tidak bagus seperti gambar aslinya. Pun kalau ingin menggunakan foto itu harus dicrop dulu. Dan jelas, foto hasil screenshoot lebih blur dan kurang terang.



Setelah mencari-carai cara dengan nanya sana sini, juga mencari-cari di banyak sumber, akhirnya saya menemukan cara menyimpan gambar dan video dari instagram tanpa bantuan aplikasi. Bagaimana cara menyimpannya? Berikut ini pembahasan detailnya.

Cara Menyimpan Foto dari Instagram tanpa Menggunakan Aplikasi

Pertama, buka foto yang akan disimpan sampai muncul gambar seperti di bawah ini.


Setelah itu, klik kanan pada gambar dan pilih Inspect


Akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya tekan Ctrl dan F secara bersamaan, kemudian ketikkan .jpg pada kotak yang muncul. Hal ini bermaksud agar gambar yang kita cari ditampilkan pada jendela Element. Perhatikan gambar di bawah ini

Lanjutkan dengan mengcopy elemen yang mengandung .jpg dengan menekan Ctrl dan C atau klik kanan copy elemen. 

Setelah di pastehasilnya seperti gambar di bawah ini.

Ambil bagian yang ada bagian blocknya dan pastekan di web browser Anda. Hal ini akan mengarahkan kita pada foto utuh seperti gambar di bawah ini. Tinggal kita save dan selesai. Gambar instagram dalam bentuk utuh saat upload bisa kita miliki.

Cara Mendownload Video dari Instagram tanpa Menggunakan Aplikasi

Saat ini, banyak video yang bertebaran di instagram. Banyak di antara video-video tersebut bermanfaat sehingga penting untuk disimpan. Misalnya, tutorial untuk masak atau tutorial make up. Kalau harus membuka di instagram, tentu membutuhkan waktu yang lama. Akan lebih praktik jika didownload sehingga bisa dilihat sewaktu-waktu, meski dalam keadaan offline. Karena itu, berikut tutorial cara mendownload video dari instagram.

Double klik video yang akan disimpan, sehingga tampilannya seperti di bawah ini.

Selanjutnya letakkan kursor pada video, lanjutkan dengan klik kanan dan pilih tab Inspect.

Akan muncul jendela dan tekan Ctrl dan F secara bersamaan pada keyboard. Setelahnya ketikkan .mp4. Inilah bedanya, jika cara menyimpan atau download gambar dengan mengetik .jpg, maka saat ini kita mengetik .mp4. Kemudian lanjutkan dengan memilih / memblock bagian yang mengandung .mp4 dan copy. Perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Selanjutnya, paste pada notepad atau Microsoft word dan sisakan pada bagian yang ditandai seperti pada gambar di bawah ini.
Copy bagian di atas ke tab browser anda dan hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini. Untuk menyimpan, kita bisa langsung klik kanan dan pilih save video. Video pun sudah bisa kita miliki.

Melakukan cara ini memang kelihatannya sulit, tapi jika sudah terbiasa akan sangat mudah untuk dilakukan. Sayangnya, cara ini masih bisa dilakukan di komputer. Sedangkan untuk menyimpan gambar atau video instagram di handphone, kita bisa menggunakan aplikasi seperti Regrann. Aplikasi Regrann selain bisa meneruskan atau berbagi kiriman orang lain, juga bisa digunakan untuk mendownload gambar maupun video.

Sekian tutorial mendownload gambar dan video instagram tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat. Jika mungkin ada cara lebih mudah dan simple, boleh kan ya sharing di komentar untuk saling berbagi. Well, selamat mencoba.


Comments

  1. Aiiih saya butuh informasi ini. Terima kasih Mbak, sudah mengarahkan ke sini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  2. Hai.. kunjungan balik nih.
    Infonya di save dulu.
    Makasih yaa

    ReplyDelete
  3. Waaah thanks maak infonyaa. Sangat membantu. Kok nemu aja yaah 😊. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, hasil utak utik makk... hehe salam kenal :)

      Delete
  4. Kalau saya lebih pilih pakai aplikasi mba soalnya buka IG dari HP & kayanya ga bisa inspect element yah, belum lagi kalau foto yg mau disave lumayan banyak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar. Tunggu kunjungan balik saya ke Blog teman-teman :)