Sekian Spot Foto Instagrammable di Taman Rekreasi Sengkaling yang Tak Banyak Orang Tahu

Sebenarnya ini latepost banget ya postingannya, tapi daripada nggak sama sekali kan ya lumayan. Siapa tahu ada yang kepo piye sih isinya Sengkaling itu? Cerita ini bermula saat saya dan seorang teman (Mbak Otun) pusing dengan setumpuk tugas kuliah. Kala itu kita berdua masih heboh sama tugas Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Malang. Pas pusing ngerjakan tugas, pengen pulang tapi libur cuma sehari doang, akhirnya kita berdua iseng ke Sengkaling. Bagaimana keadaan kita berdua saat di sana, apa yang terjadi? Yuk, simak celotehan dimari!

Sekilas Tentang Sengkaling
Taman Rekreasi Sengkaling [image: source]
Sengkaling itu sejenis taman rekreasi ya, ada kayak kolam renang, ada kayak kapal-kapalan, ada bianglala, ada taman bermain, lokasi outbond, tempat main Go Card, wisata kuliner, dan banyak wahana-wahana air. Keunggulan taman rekreasi ini dengan tempat rekreasi di Malang adalah harganya yang murah. Cocok untuk kantong mahasiswa, atau keluarga kecil bahagia yang mau piknik tipis-tipis di tanggal tua. Nuansa menyenangkan juga nggak kalah kok sama tempat-tempat lain. Pohon-pohon juga masih banyak, jadi lumayan sejuk di Sengkaling ini.

Wahana Kece Ala Taman Rekreasi Sengkaling
Seperti yang tadi kita bahas, wahana di tempat ini banyak. Mulai dari wahana air ada kolam Kapal Misteri, kolam pesona primitif, kolam Pesona Tirta Alam, kolam Pesona Tirta Sari serta kolam cumi-cumi. FYI, seluruh air di rekreasi ini bersumber dari air alami dari kolam Tirta alam. Ada mitos juga yang menyebutkan kalau air di kolam ini bisa buat kita awet muda lho.
Wahana Kuda Ria (Foto dari kedua sisi jembatan)
Selain itu ada juga air terjun buatan dengan dinding keren, saya pribadi ngerasa adem banget liat pemandangan di sini. Bagi yang suka foto, tempat ini juga bakalan ngasih foto yang keren abis. Saat malam hari, tempat ini juga kerap digunakan untuk makan malam romantis, bisa juga kalau mau nglamar kekasih di sini (lamar adek bang, #bapermode). Wahana lainnya ada Bioskop 4 Dimensi, Kiddy Train, Kuda Ria, Perahu Motor, Bumper Boa, dan masih banyak lagi.
Tiket Masuk Sengkaling yang Murah Abis
Area ini yang akan terlihat dari jalan raya (in frame: mbak Otun)
Untuk menikmati keindahan Taman Rekreasi Sengkaling yang keren, kamu hanya perlu membayar 25 ribu per orang (tiket biasa), dan 50 ribu (tiket terusan phinisi untuk orang dewasa).Untuk harga anak-anak saya kurang tahu ya, soalnya saya belum pernah masuk bawa adek sih. Terus untuk waktu buka taman rekreasi ini adalah pukul 06.00 hingga 17.00 untuk hari senin hingga Jumat. Khusus untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari-hari besar tutup pukul 20.00 dan tetap mulai buka di jam 06.00. Oia, waktu itu saya ke tempat ini tanggal 22 Mei 2016 lalu. Misal ada perubahan harga, mungkin tidak akan jauh-jauh dari harga di atas.

Instagrammable
Saat mulai memasuki kawasan Sengkaling, saya dan Mbak Otun langsung cekrak-cekrek mulai sebelum tempat pembayaran tiket. Habisnya sudah tidak tahan dengan lokasi unyu unyu yang tentu bakalan menghasilkan foto keren. Lumayan untuk mengusir kepenatan saat mengerjakan tugas. Nah, berikut ini foto tempat-tempat favorit saya saat walking-walking ke Sengkaling.

Tanda ini terlihat dari jalan, jadi bagi kamu yang mau ke Sengkaling ingat-ingat ini sebagai patokan. Biar kagak nyasar ya.
Sebelum masuk kawasan taman rekreasi Sengkaling

Wahana air terjun buatan, katanya pas malam hari ini romantic bingits. Sayang belum pernah datang pas malam hari.
Air terjun buatan
Kalau yang ini foto menuju salah satu wahana,  karena keren akhirnya berhenti dulu foto-foto. FYI, rok nggak sengaja diterjang angin. Tapi malah lucu, kayak rok apa gitu.
Tempat foto keren di Sengkaling

Kalau yang ini letaknya di dekat area bermain roda berputar, suka banget sama pensil raksasa dengan warna-warni yang memikat mata.
Pensil raksasa di Sengkaling

Suka juga sama suasana taman yang banyak ditumbuhi pohon pinus, dari sini kamu juga bisa lihat orang-orang di bawah sedang main air.
Taman pohon pinus

Di bagian taman juga suasananya sejuk, terbayang deh kalau malam hari ada lampu-lampu menyala. Kece pastinya.
Suasana taman di Sengkaling


Ada juga tembok-tembok yang ada sketsa mata uang dari berbagai negara juga loh. Ada bendera negara-negara juga. Tempat ini juga asik buat foto-foto.
Sengkaling: Tembok bergambar mata uang negara-negara.

Yap, itu dia travelling tipis-tipis ala-ala aku. Kadang, bukan kemewahan yang kita cari. Karena nyatanya, kebahagiaan itu bisa diraih dengan cara-cara sederhana. Bagaimana menurut kamu?

Comments