5 Cara Nonton Drama Korea yang Pasti Dilakukan Oppa Lover, Kamu yang Mana?

Setuju atau tidak, semakin hari Drama Korea (KDrama) makin diminati masyarakat tanah air ya guys. Nah, aku sendiri termasuk penggemar KDrama ini. Alasannya lumayan banyak sih, pertama cerita-cerita di drama Korea itu unpredictable. Beda sama sinetron-sinetron yang pas adegan pembuka kita sudah bakal tahu endingnya seperti apa.


Kedua, drama Korea selalu punya nilai hidup yang disisipkan dalam tiap ceritanya. Ketiga, pemeran drama menampilkan akting yang totalitas. Karenanya, mudah banget bagi para penonton untuk baper dan larut dalam cerita. Dan keempat, pemain drama Korea umumnya good looking, cute, dan enak dilihat, hehehe.

Nah bukan cuma aku, teman-teman satu tempat kerja khususnya para cewek suka juga lho dengan Drama Korea. Tapi meski sama-sama suka, kita semua mempunyai cara masing-masing untuk menonton drama. Cara-cara ini mulai dari nonton drama secara marathon ataupun per episode.

Nonton marathon

Marathon drama artinya menonton sebuah drama semua episode secara terus menerus. Cara ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang sangat sibuk dan hanya punya kesempatan saat liburan untuk menonton. Alasan lainnya seseorang menonton drama marathon adalah tidak sabar menanti cerita selanjutnya. Tak jarang tim marathon drama ini tidak tidur sepanjang malam untuk menuntaskan drama yang disukai.

Nonton drama on going

Bagi kamu yang mengikuti drama terbaru yang sedang dalam proses tayang, kamu masuk daftar tim ongoing. Nah, kamu pasti merasakan cemas saat episode yang tayang masih menggantung dan sedihnya kamu harus menanti kelanjutannya minggu depan. Tapi yang asik dari tim on going adalah rasa perjuangan menanti munculnya episode lanjutan.

Nonton drama streaming

Team streaming ini biasanya terdiri dari tiga kalangan. Pertama mereka yang kaya kuota internet, kedua mereka yang tersambung Wifi, dan ketiga kaum yang malas download. Team on going biasanya suka juga melakukan streaming. Ya, sebab keburu penasaran dan males mau download. Bahkan ya, ada juga yang sampai nggak butuh subtitle.

Nonton DVD

Cara ini banyak dilakuka para pecinta KDrama yang tidak punya cukup banyak paketan dan juga tidak tersambung WiFi. Akhirnya, DVD merupakan solusi yang pas. Tidak harus beli ya guys, sebab beberapa tempat menyewakan DVD dengan harga yang tak begitu mahal.

Tim copy file

Ini merupakan cara paling mudah dan hemat, ketimbang streaming, download, ataupun beli DVD. Tinggal minta teman semua episode, copy, dan langsung tonton. Selain hemat, cara ini paling tidak ribet. 

Nah untuk keperluan menonton Drama Korea, akan lebih baik jika dilakukan melalui situs atau aplikasi legal. Kenapa? Agar kita nggak berkontribusi lebih jauh dalam pembajakan. Ya, sebab sebagian website yang umumnya kita akses secara gratis adalah media illegal, menyebarkan karya tanpa mengurus perizinan.

Nah, saat ini sudah banyak layanan Video-on-Demand yang memungkinkan kita menonton secara legal. Entah itu nonton Kdrama, film, atau variety show Korea semua ada. Salah satu yang populer adalah Viu yang merupakan spesialisasi menayangkan konten-konten dari Asia.

Keunggulan menonton di Viu ini mulai dari konten Kdrama yang melimpah, tayangan yang selalu baru, bisa ditonton secara offline dengan terlebih dahulu download, serta yang terpenting kita berkontribusi membawa maju industri Kdrama (khususnya) dan film se-Asia sebab Viu berisi mayoritas konten Asia termasuk film-film Indonesia.

Dan yang terpenting adalah murah. Ya, kamu bisa beli paket viu dengan hanya membayar sekitar Rp 30 ribuan untuk berlangganan premium. Tentu harga ini sangat murah ya ketimbang layanan-layanan serupa.

Nah, mudah bukan cara agar kamu bisa menonton KDrama dengan akses legal? Dengan begitu kamu berkontribusi lebih untuk mendukung aktor aktris favorit kamu dengan tidak menonton secara illegal.

Oia, dari lima cara nonton KDrama yang sudah kita bahas di atas, mana nih yang paling kamu banget? Kalau saya suka nonton KDrama on going, sebab ada proses penantian minggu demi minggu untuk menonton episode selanjutnya. 

Memang kadang melelahkan, tapi saat yang dinanti-nanti pada akhirnya datang, sungguh sangat membahagiakan.



Comments