WMM Expo 2018 dan Kilau Keberhasilan Wirausaha Muda Indonesia

Saat bersosialisasi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja, pasti kita sering ya guys mendapati orang-orang yang bercita-cita menjadi wirausaha. Tapi dari sekian banyak orang, hanya beberapa yang benar-benar berani berjuang mewujudkan hasrat menjadi wirausahawan. Karena memang berwirausaha artinya berdiri di atas kaki sendiri, dan itu tidak mudah.


Menyadari hal itu, Bank Mandiri menggelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Expo 2018 yang berisi rangkaian program penghargaan bagi wirausahawan muda dari seluruh Indonesia. Diikuti oleh lebih dari 90 merk lokal, WMM Expo digelar di Mall Olympic Garden (MOG) Malang pada 6-9 September 2018.

Pengunjung yang datang akan disuguhi berbagai produk kreatif inovatif bernuansa millennial dari para finalis yang terbagi dalam tujuh kategori. Di antaranya adalah 1) wirausaha industry, perdagangan, dan jasa 2) wirausaha boga, 3) wirausaha kreatif, 4) wirausaha sosial, 5) wirausaha teknologi digital, 6) wirausaha teknologi non-digital, 7) wirausaha digital financial technology.


Setelah unjuk gigi produk pada 6-9 September, nantinya para finalis akan mengikuti serangkaian acara hingga sampai pada WMM Award yang dilaksanakan pada 15 September 2018 mendatang.

Dari berbagai booth keren yang ada di acara WMM Expo 2018, adalah Batik Kanawa. Merupakan bidang usaha kreatif, Batik Kanawa ini dijalankan oleh perempuan asal Semarang yang masih berstatus sebagai mahasiswi semester akhir. Berawal dari kecintaannya terhadap batik, mahasiswi Telkom University ini merintis Batik Kanawa dari nol.


Di awal-awal usahanya, Nabila mendapat modal dari menyisihkan sebagian besar uang sakunya. Perempuan ini bahkan rela absen dari kegiatan nongkrong-nongkrong, shopping yang umumnya dilakukan mahasiswa di sekitarnya.

Dari usaha keras menghemat pengeluaran, akhirnya Nabila bisa mewujudkan keinginannya membuat usaha batik yang menyediakan batik tulis, batik cap, hingga pemesanan seragam. Mengawali semuanya dengan jalan berliku, Nabila kini bisa meraup keuntungan hingga 4 juta per bulannya. Keren kan guys?

Ada juga zendmoney yang merupakan aplikasi transfer uang ke luar negeri yang memiliki empat keuntungan. Pertama, waktu transfer yang cepat. Kedua, keamanan terjamin. Ketiga, mudah penggunaan aplikasinya, dan keempat adalah murah biayanya. Menurut owner zendmoney, biaya pengiriman uang dengan aplikasi ini sekitar 50% lebih murah ketimbang menggunakan jasa pengiriman lainnya.

Melalui produk ini, tim zendmoney berharap kesejahteraan keluarga TKI bisa meningkat. Sebab kemudahan-kemudahan yang ada saat mengirim uang dengan zendmoney. Oia di booth zendmoney ini juga ada beberapa video yang bisa dilihat pengunjung terkait ilustrasi TKI dan problem pengiriman uang. Dan kemunculan zendmoney diharapkan menjadi solusi untuk memberi kemudahan bagi TKI dan juga keluarganya.


Di stand zendmoney ternyata juga ada games yang memungkinkan pengunjung untuk mendapat hadiah. Mulai dari pulsa Rp 50 ribu, kipas, hingga gantungan kunci dibuat untuk menarik pengunjung. Caranya pun cukup mudah dengan memencet satu buah tombol dan layar yang disiapkan mengacak gambar yang berisi hadiah tersebut. Saya kemarin sempat mencoba dan mendapat sebuah kipas dari zendmoney.

Tak kalah menarik di WMM Expo adalah produk Cokelat Klasik produksi pemuda asal Malang, sepatu pria merek Men’s Republik, hingga produk digital technologi owel magz yang sangat kreatif.
Nah, selain para finalis yang jelas berkompetisi, WMM Expo juga mengadakan lomba foto yang membuka kesempatan bagi para pengunjung untuk memenangkan hadiah jutaan rupiah.


Infonya bisa dilihat di instagram @wrausahamandiri. Uniknya lagi, seluruh transaksi di WMM Expo ini merupakan transaksi non tunai yang bakal membuat pengunjung merasakan pengalaman mengubah uang cash menjadi kartu di e-money corner. Selanjutnya, kartu inilah yang digunakan untuk membayar.


Melihat keramaian booth finalis wirausaha muda dengan segala karya kreatifnya, membuat saya yakin kalau Indonesia ke depannya akan melahirkan banyak generasi wirausahawan yang akan memajukan negeri tercinta. 

Comments

  1. Ide ZendMoney menurut saya segar. Mereka pinter mengambil ceruk pasar yang kosong apalagi dunia pembayaran online makin diminati masyarakat daripada datang ke loket pembayaran online hehe

    ReplyDelete
  2. Mens Republik yg punya ganteng mbk hehe. Maaf salah fokus. Asik ya mbk acaranya, ngebuat mata kita kebuka untuk berbisnis. Makasih sharingnya mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, yang muda kayak kita harus banget loh ya punya ide usaha sendiri

      Delete
  3. Para wirausaha muda yang berkilauan, kerja keras mereka bener2 terbayar dg meraih kesuksesan di usia muda contoh salah satunya Nabila itu ya, Mbk. Kece euy, 4 jt per bulan..
    Optimis juga, Indonesia bakal punya banyak wirausaha muda yg produktif, kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bisa asal berusaha dengan baik ya Mbak

      Delete
  4. wah bener bener muda mandiri berkarya ya mereka. idenya sederhana tapi keren. kemarin aku sempet mampir ke digibook dan beli keren deh

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar. Tunggu kunjungan balik saya ke Blog teman-teman :)