5 Tema Blog yang Paling Bikin Jatuh Hati, Kamu juga Suka kan?

Salah satu hal yang menunjukkan ciri khas suatu blog adalah tema. Ya, sebab tema ini menggambarkan wajah blog, ada juga yang bilang jika blog adalah rumah, maka tema adalah fondasinya. Imbasnya apa? Tentu topik-topik yang ada di dalam blog seharusnya tidak melenceng dari tema di awal.


Tapi terkadang, beberapa orang justru memulai menulis blog dulu tanpa memikirkan tema. Tak jauh-jauh, saya juga termasuk dalam kelompok ini. Bahkan saat bergabung di Blogger Perempuan, saya kebingungan saat ditanya apa niche (topik yang dibahas) blog saya. Saat itu, saya tidak memikirkan lebih jauh, hanya ingin menulis apa yang ingin saya tulis. Hanya ingin berbagi apa yang ingin saya bagi.

Lantas jika ditanya tema blog apa yang paling membuat saya suka bahkan cinta? Maka berikut ini adalah deretannya.

Blog tentang Kehidupan

Saya tidak mengerti apa ada tema blog tentang kehidupan. Intinya yang saya maksud di sini adalah tentang cerita sehari-hari yang menginspirasi. Bisa dari hal-hal sepele tapi ternyata bermakna. Tentang pengalaman inspiratif. Tentang perasaan, patah hati, keputusasaan, keberhasilan hidup, dan lainnya.

Atau tentang hubungan dengan orang lain misalnya perasaan kecewa, amarah, dan hal-hal lain yang diulas dari sudut pandang yang membuat orang lain bisa belajar dari hal itu. Mungkin salah satu gambarannya adalah blog milik Raditya Dika yang humoris tapi inspiratif.

Blog tentang travelling

Saya adalah seorang yang percaya bahwa perjalanan bisa jadi salah satu penyembuhan. Entah itu dari rasa bosan, dari aktivitas yang menekan, atau dari perasaan yang menyempitkan hati. Pergi sejenak meninggalkan hal rutin yang biasa kita lihat, menyapa alam, dan menikmati wahana-wahana buatan manusia yang menakjubkan akan membuat energi kita pulih.

Karena menyukai perjalanan, maka saya juga sangat tertarik dengan blog yang membahas tentang travelling. Tetapi bukan sekedar perjalanan yang hanya mengabadikan spot cantik untuk dipotret, atau pemandangan mempesona yang menyegarkan mata. Lebih jauh, tentang makna-makna hidup, hikmah, yang bisa diambil dari tiap perjalanan dan pertemuan dengan karya Tuhan yang sangat indah.

Blog tentang kuliner

Travelling tanpa kuliner, tentu tidak lengkap ya. Apalagi setelah kegiatan travelling yang menguras tenaga, makan adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Terlebih saat berkunjung ke daerah-daerah yang baru pertama kali kita singgahi, merasakan hal baru di tempat baru tentu menimbulkan sensasi yang membuat kita seperti terlahir kembali. Tanpa beban, tanpa kekhawatiran. Apalagi saat makanan yang disiapkan rasanya lezat, hal ini pastinya membuat kita berbahagia dan melupakan beban yang harus ditanggung.

Blog tentang memasak

Selain suka makan, pada dasarnya aku suka juga masak-memasak. Kenapa? Sebab dalam kegiatan memasak, kita dituntut untuk bersabar (menunggu makanan masak), detail (menyiapkan bahan), memakai logika dan perasaan secara bersamaan (saat membumbui), dan juga kreatifitas.

Blog tentang kecantikan (beauty)

Gara-gara sering kumpul beauty blogger, akhir-akhir ini aku tertarik banget tentang tema kecantikan. Terlebih buat aku yang baru kenal lipstick saat mulai jadi guru, blog-blog yang membahas review kosmetik dan pengetahuan dasar jadi tempatku singgah untuk belajar. Meski masih bingung kalau ditanya tentang tone kulit dan sebagainya, seenggaknya sekarang aku bisa lho bedain yang man eyeliner dan mana yang mascara, wkwkwkwkwk.

Numpang curhat ding, dulu saat zaman kuliah, tiap hari ke kampus cuma modal bedak Marck doang. Dan suatu hari, teman deketku pengen banget aku pake lipstick. Sampai di hari kita berdua pisah, dia belum pernah lihat aku lipstikan. Dia pun pernah janji belikan lipstick, tapi hingga hari ini, janji tinggallah janji. Kabar baiknya, sekarang aku sudah punya lipstick lebih dari beberapa merk dengan beberapa warna. Kemajuan yang amat pesat bukan?

Yang aku pahami sekarang, make up, skin care, dan sejenisnya bukan cuma tentang penampilan fisik. Lebih jauh, tentang bagaimana kita merawat apa yang kita punya sekarang. Dan menjadikannya lebih enak dilihat, lebih berenergi. Make up pun tentang seni, seni membuat diri kita lebih percaya diri dibanding sebelumnya. Yuhuu…

Nah, itu dia tema-tema blog yang paling bikin aku jatuh hati. Kalau disuruh memilih salah satu yang paling aku suka, rasanya bingung banget untuk menentukan. Karena setiap tema yang aku suka di atas, memiliki alasan-alasan kuat untuk membuatku mencintai mereka dengan sederhana. Kalau kamu, paling suka dengan tema apa guys?



Comments