‘Maraton’ Main ke 5 Pantai di Banyuwangi dan Hotel Unik yang Bikin Gagal Fokus

Hai hati, bagaimana kabar hatimu hari ini? Doaku, semoga selalu dilingkupi kebahagiaan ya? Aamiin. Nah, kali ini aku bakal cerita pengalaman maraton main ke pantai di Banyuwangi beberapa waktu lalu. Destinasi pantai yang jadi pilihan ada Pantai Pulau Merah, Pantai Rajegwesi, Pantai Hijau, Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan.


Karena destinasinya banyak, nggak mungkin dong ya kita selesai dalam satu hari dan harus bermalam di hotel. Setelah beberapa kali travelling ke sana ke mari, aku akhirnya nemu cara booking hotel murah. Mau tahu caranya, yuk simak dulu perjalananku kali ini.

Pantai Pulau Merah (Red Island)


Pantai pertama yang menjadi tujuan adalah Pantai Pulau Merah. Terhitung, sudah kedua kalinya ke pantai yang ada di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi ini.


Dulu tahun 2012, yang rencananya mengejar matahari tenggelam. Sayangnya, hujan yang tiba-tiba datang membuat niat itu harus batal. Kali ini, aku dan teman-teman berangkat malam hari dan berharap bisa sampai di saat saat matahari terbit. Sayangnya, saat kami sampai matahari sudah jadi di atas awan.


Meski begitu, tidak ada yang aku sesali. Sebab saat tiba, bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah di bibir pantai sungguh mempesona. Membuat aku melupakan tentang matahari terbit tadi.

Pantai Rajegwesi


Lanjut ke destinasi kedua, ada pantai Rajegwesi yang ada di Balai Taman Nasional Meru Betiri, Sorangan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini, memiliki pasir hitam yang menawan. Pemandangan kapal warna-warni milik nelayan pun membuat suanana pesisir pantai makin terasa.

Pantai Teluk Ijo (Green Bay)

Masih satu kawasan dengan Pantai Rajegwesi, untuk mencapai Pantai Teluk Ijo kita hanya perlu menyeberang dengan perahu ketinting. Perahu ini bisa kita sewa kepada nelayan yang memang menyediakan jasa sewa perahu.


Lanskap Green Bay cukup unik dengan air laut yang warnanya nampak hijau tosca.

Tak hanya itu, keindahan pantai ini makin lengkap dengan adanya air terjun setinggi  meter.
Bebatuan alami di tepi-tepi pantai juga terbentuk unik di kelilingi hijau pepohonan yang semakin membuat keindahan pantai terpancar.

Kamu juga bisa menikmati fasilitas ayunan yang ada di pantai ini, gratis lho.

Setelah dari Green Bay, aku dan teman-teman ke Hotel Selamet. Hotel ini sangat unik dengan tampilan luar yang mewah namun menyejukkan. Ya, sebab ada tumbuhan panjang menjuntai yang didekorasi di dinding luar hotel. Interior dalam pun sangat bagus.



Ngomong-ngomong soal hotel, tadi untuk di awal tadi aku bilang mau share cara booking hotel tanpa ribet  untuk kamu yang suka bepergian. Nah, kamu bisa booking online dengan aplikasi Pegipegi. Caranya mudah, pertama buka aplikasi Pegipegi (atau bisa dibuka via komputer)  dan pilih icon hotel.

Setelah itu kamu akan menemukan tampilan Pesan Kamar Hotel. Di halaman ini, kamu bisa menentukan hotel apa yang ingin kamu tuju, tanggal check-in dan check-out, serta jumlah orang yang akan menginap beserta jumlah kamar yang akan disewa.

Selanjutnya, kamu akan ditunjukkan halaman yang memuat deskripsi hotel mulai dari foto, fasilitas, rating, hingga review hotel. Jika cocok dengan itu semua, kamu bisa langsung klik pilih kamar.


Kemudian kamu tinggal memilih jenik kamar apa yang ingin kamu pilih sesuai selera. Di bagian ini kamu bisa melihat harga sewa per kamar dan diskon yang sedang berlaku. Setelah cocok, barulah kamu bisa memilih dengan menekan pesan kamar. Ikuti langkah berikutnya dan pemesanan selesai. Mudah dan lebih murah bukan?

Pulau Menjangan

Sebenarnya, pulau ini berada di area Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali. Namun aku dan teman-teman ke Pulau ini dengan perahu nelayan dari Pantai Bangsring Banyuwangi. Kami menempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam. Setelah tiba, kami menikmati keindahan tepi pantai.


Aku dan teman-temanku juga melihat ada hewan menjangan yang sedang berlarian bersama kawanannya. Karena cuaca yang amat panas, saat itu aku tidak tertarik turun ke bawah untuk bermain air. Aku hanya foto-foto di pinggir-pinggir pantai sambil menikmati hembusan angin dan mengamati perahu-perahu yang hilir mudik.

Setelah bosan, aku pun duduk sambil entah memikirkan banyak hal yang bercokol di otakku.

Seusai puas menikmati suasana pulau menjangan, guide pun mengajak kami naik kapal dan ke spot snorkeling.

Pulau Tabuhan


Pulau yang berada di tengah Selat Bali ini masih masuk ke dalam area Kabupaten Banyuwangi. Nah, kami ke sini langsung dari Pulau Menjangan. Sayangnya, ketika sampai di pulau ini hujan lebat turun. Alhasil, aku dan teman-teman pun hanya bisa pasrah nongkrong di satu-satunya warung di pulau dan memakan pisang goreng. Setelah hujan agak reda, kami sedikit bermain di pulau dan kembali ke Pantai Bangsring.
Yap, itu dia cerita ‘maraton’ main di pantai di Banyuwangi. Pantai di Banyuwangi memang memiliki daya tarik yang memikat. Rasanya, tidak cukup untuk sekali atau dua kali ke sana. Jadi, kamu sudah pernah menapaki indahnya pantai di Banyuwangi belum?


Comments