Apa Bedanya Kanker Serviks dan Kanker Rahim?

Sama-sama menyerang organ reproduksi wanita, kenali perbedaan kanker serviks dan kanker rahim agar tak salah duga.


Tak sedikit orang yang masih menyamakan kanker serviks dan kanker rahim. Padahal, menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, keduanya merupakan penyakit yang berbeda.

Kanker serviks merupakan kondisi di mana pertumbuhan sel kanker yang tak terkendali terjadi di leher rahim. Sedangkan pada kanker rahim, pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali itu terjadi di rahim, dinding rahim, dan sekitarnya. Dengan demikian, perbedaan antara keduanya terdapat pada lokasi pertumbuhan sel.

Sama seperti kanker serviks, kanker rahim termasuk jenis kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya ada 90.000 kasus kematian wanita yang disebabkan oleh kanker dan jenis kanker yang sering mengakibatkan hal itu adalah kanker rahim dan juga kanker serviks.

Penyebab pasti dari kanker rahim sampai saat ini belum diketahui. Tetapi, ada sejumlah faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko kanker rahim –antara lain usia, riwayat kehamilan, obesitas, terapi hormon, dan faktor genetik.

Untuk usia, sebagian besar kanker rahim menyerang wanita yang sudah mengalami menopause, yaitu di atas 60 tahun. Sedangkan masalah riwayat kehamilan, wanita yang hamil di atas 35 tahun lebih berisiko terhadap kanker ini.

Lalu, ada juga beberapa penelitian yang mengatakan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh di atas 30 lebih berisiko untuk mengalami kanker rahim. Wanita yang memiliki anggota keluarga penderita kanker rahim dan pernah melakukan terapi hormon estrogen pun disebut-sebut memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker ini.

Lalu, bagaimana dengan kanker serviks? Kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling sering menyebabkan kematian pada wanita Indonesia karena keterlambatan diagnosis. Hal itu bisa sampai terjadi karena biasanya, kanker serviks di tahapan awal tidak menimbulkan gejala yang terlalu kelihatan.

Namun, ada satu gejala yang dapat menjadi indikasi bahwa bisa jadi Anda terkena kanker ini, yaitu terjadinya perdarahan abnormal, entah itu setelah menopasue atau di luar periode menstruasi. Dan saat berhubungan seksual dengan pasangan, akan timbul rasa nyeri yang mengganggu.

Kanker serviks dan kanker rahim merupakan dua jenis penyakit yang berbeda. Perbedaannya terletak pada lokasi tempat sel kanker berkembang. Kanker serviks menyerang leher rahim dan kanker rahim menyerang organ rahim, dinding rahim, dan sekitarnya. Meski begitu, keduanya sangat berbahaya dan dibutuhkan deteksi dini agar bisa disembuhkan.




Comments