Kunci Nutrisi Saat Hamil

Kehamilan adalah satu dari sekian fase istimewa yang tentunya didambakan oleh hampir semua pasangan yang sudah menikah. Melewati fase kehamilan bukanlah sesuatu yang mudah, sebaliknya perlu banyak hal yang dilakukan dengan baik agar bayi di dalam kandungan bisa tumbuh dengan maksimal dan lahir dengan selamat. Salah satu hal yang harus dipenuhi adalah nutrisi.


Nutrisi tertentu memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan bayi selama kehamilan. Berikut adalah vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan dan dijamin aman untuk kesehatan bayi:
Lemak omega (DHA)

Penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan cukup asam lemak omega 3, karena akan membantu sistem saraf bayi untuk berkembang secara sehat, serta membantu mencegah ibu hamil terkena penyakit jantung. Beberapa lemak omega penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Karena sangat berhubungan antara DHA dan kecerdasan bayi.

Ikan berminyak seperti sarden, dan salmon semuanya merupakan sumber asam lemak omega 3 yang kaya, tetapi ibu hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari dua porsi dalam seminggu, karena ikan ini juga mengandung merkuri, kadar tinggi yang dapat membahayakan bayi.

Zat Besi dan Vitamin C

Zat besi adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan sepanjang kehamilan, zat besi penting untuk membawa oksigen ekstra ke dalam sel darah merah si ibu hamil dan bayi membutuhkannya untuk perkembangan otak mereka.

Jika ibu hamil tidak memiliki cukup zat besi, tentunya akan berisiko menjadi anemia, yang akan membuat merasa lelah. Jadi pastikan bahwa ibu hamil memiliki banyak makanan kaya zat besi dalam makanannya seperti daging merah, ikan, telur, buah kering, sereal sarapan dan roti gandum, dan sayuran berdaun hijau. Zat besi paling baik diserap oleh tubuh jika ibu hamil juga makan beberapa buah atau sayuran yang kaya akan vitamin C. Beberapa sayuran yang memuat kandungan vitamin C adalah tomat, brokoli, paprika, dan kentang

Asam folat

Pentingnya Asam folat untuk ibu hamil danmau hamil adalah membantu mengurangi risiko cacat lahir seperti spina bifida. Waktu yang paling penting untuk dikonsumsi adalah dari beberapa bulan sebelum kehamilan sampai akhir trimester pertama (12 minggu). Selama periode ini, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan seimbang yang sehat serta mengonsumsi suplemen asam folat. Selain itu, ibu hamil juga dapat memasukkan makanan yang kaya folat dalam diet seperti brokoli, kol, kacang, beras merah dan kacang polong
.

Nah, itu dia beberapa nutrisi yang seharusnya dipenuhi oleh ibu hamil. Tentunya agar perkembangan buah hati tercinta dapat maksimal sejak masih di dalam kandungan. Jika kunci nutrisi saat hamil terpenuhi, maka kesehatan bayi pun akan terjamin. 

Comments