Serba-Serbi Program Induksi Guru Pemula, Ada Contoh Laporan Lengkapnya Lho!!!


Hi guys, welcome back to my page alias selamat datang di laman ini. Hari ini tumben-tumbennya aku mau bahas tentang sesuatu yang berhubungan dengan profesiku sebagai guru. Dan di kesempatan kali ini aku mau bahas Program Induksi Guru Pemula.



Program Induksi Guru Pemula (PIGP) ini pelaksanaannya berdasar pada PERMENPAN RB No. 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya.

Bab IX
Pengangkatan Dalam Jabatan Fungsional Guru
Pasal 30
(1) Pegawai Negeri Sipil yang diangkat pertama kali dalam jabatan fungsional guru harus memenuhi syarat sebagai berikut: 
  • 1.      Berijazah paling rendah sarjana (S1)  atau Diploma IV dan bersertifikat pendidik
  • 2.      Pangkat paling rendah Penata Muda golongan ruang IIIa
  • 3.      Setiap unsur penilaian pelaksanaan pekerjaan dalam DP3 paling rendah bernilai baik dalam 1 tahun terakhir
  • 4.      Memiliki kinerja yang baik yang dinilai dalam masa program induksi Pegawai Negeri Sipil yang diangkat pertama kali dalam jabatan fungsional guru harus memenuhi syarat sebagai berikut: 


Kegiatan yang dilakukan saat PIGP

Terkait PIGP, ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan mulai dari orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, praktik pemecahan permasalahan dalam proses pembelajaran/bimbingan dan konseling. Tentunya, serangkaian kegiatan tersebut dilakukan di sekolah atau madrasah tempat guru pemula bertugas. Misalnya, aku sendiri mendapat SK CPNS di SMPN 1 Tootooer, maka tempat PIGP pun di SMPN 1 Tootooer. Kegiatan ini nantinya melibatkan pengawas, guru pemula, pembimbing dan juga kepala sekolah.

Kategori pegawai yang melaksanakan PIGP

Peserta PIGP terdiri dari dua kategori. Pertama, mereka yang berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ditempatkan di sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau pemerintah daerah. Kedua, Pegawai Negeri Sipil (PNS) mutasi dari jabatan lain.

Tujuan PIGP

Setiap kegiatan, tentunya memiliki tujuan yang akan dicapai. Pun dengan PIGP ini memiliki beberapa tujuan. Di antaranya agar guru pemula segera dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah atau madrasah. Selain itu, PIGP bertujuan melatih guru menjadi lebih profesional di sekolah/madrasah.

Alur Pelaksanaan PIGP

PIGP diawali dengan persiapan à pengenalan sekolah dan lingkungannya à observasi pembelajaran/pembimbingan  à Lesson study. Di kegiatan ini nantinya juga ada Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan juga pelaporan.

Contoh Laporan Program Induksi Guru Pemula (PIGP)

Bagi guru pemula yang belum pernah melaksanakan PIGP pasti bertanya-tanya bagaimana pelaporan program ini. Untuk bisa lebih memahami, kita bisa mendownload contoh lengkap Laporan PIGP di sini.

Nah, ini beberapa gambaran lesson study yang sudah saya jalani bersama-teman-teman sesama guru pemula.

Plan (Perencanaan)

Do (pelaksanaan pembelajaran)

See (Evaluasi proses belajar mengajar)

Itu dia sekelumit pembahasan tentang PIGP mulai dari persiapan hingga pelaporan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

With Love,

Aini


Comments