Serba-Serbi Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk Kendaraan Bermotor

Halo semua, seperti judulnya hari ini aku mau membahas seputar Bahan Bakar Minyak alias BBM. Bukan hal asing lagi ya kalau BBM ini merupakan sumber energi utama yang mampu menghidupkan mesin. Bagi kamu yang mengendarai sepeda motor atau mobil, tentunya memahami bahwa performa optimal kendaraan dipengaruhi signifikan dari kualitas bahan bakar yang digunakan.


Nah terkait BBM, di negara kita terdapat beragam jenis BBM yang dibedakan berdasarkan kadar oktannya. Misalnya nih untuk mobil bermesin khusus bensin, ada beberapa jenis BBM yang bisa digunakan di antaranya Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamax Turbo. Dan dari kelima bahan bakar tersebut memiliki kadar oktan yang berbeda-beda. Karenanya, harganya pun semakin melejit berbanding lurus dengan naiknya kadar oktan pada bahan bakar minyak.

Resiko Salah Pilih Jenis BBM

Beda jenis kendaraan bermotor, beda pula jenis BBM yang cocok untuk dipakai. Karenanya, memilih jenis BBM tidak boleh asal-asalan. Layaknya memilih jodoh, jenis BBM yang digunakan harus sesuai baik itu bibit, bebet, dan bobotnya (eh jangan baper yak). Sebab jika tak sesuai, ada beberapa resiko yang harus ditanggung. Di antaranya adalah performa kendaraan yang kurang bertenaga, mesin menjadi lebih boros dan juga suara mesin yang terasa aneh dan kasar.

Karena itu, penting untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan masing-masing produsen kendaraan. Hal ini merupakan antisipasi agar kendaraan tidak terbayangi resiko kerusakan yang merugikan kelangsungan performa kendaraan.

Harga Bahan Bakar Minyak

Seperti sudah disinggung sebelumnya, setiap jenis bahan bakar kendaraan dipasarkan dengan harga yang beragam. Mulai dari yang termurah yaitu Pertamax hingga pada kisaran harga paling mahal adalah Harga Pertamax Turbo. Oia, untuk jenis Premium memang memiliki harga paling rendah sebab jenis bahan bakar ini mendapat sokongan subsidi dari pemerintah.

Sedangkan untuk Pertamax Turbo memang lebih mahal. Tapi harga ini diikuti dengan kelebihannya yaitu kelincahan kendaraan saat bermanuver, meningkatkan performa mesin, kecepatan maksimal dibandingkan kendaraan lain, membuat kendaraan lebih enteng, dan terakhir Pertamax Turbo sudah memenuhi standar Euro 4 yaitu yang merupakan produk dengan label ramah lingkungan.




Comments