Pengalaman Latsar CPNS di SKB Pandaan, Bagaimana Endingnya?

Hai-hai teman-teman, yokpo kabare? Sudah lama ya nggak sharing tentang perjalanan hidup yang makin ke sini makin banyak yang harus dikerjakan. Tapi-tapi, meski kehidupan dan pekerjaan makin memburu aku teteeep mau berbagi tentang kegiatan latihan dasar (Latsar) yang sudah aku jalani beberapa waktu lalu. Semacam tak mau momen Latsar itu berlalu begitu saja, aku berusaha mengabadikannya menjadi cerita yang bisa dibaca saat rindu tiba-tiba datang. Saat hidup makin sulit, aku harap cerita ini mampu memberi kekuatan, bahwa kita punya orang-orang yang selalu berjuang bersama-sama untuk melewati 

Sek-sek, sebelum masuk ke cerita, aing sebagai manusia biasa mau mendeklarasikan bahwa Latsar Angkatan CXI memang bukan kelompok yang terbaik, bukan kelompok yang tanpa cela, tapi saya sadar kami di sini berusaha menjadi orang-orang yang lebih baik dengan berproses di Latsar. Bagi orang-orang yang di luar sana men-judge kami a b c d sampai z, saya hanya bisa bilang kami tidak seburuk yang kau pikirkan, dan kami juga tak sebaik yang kau ucapkan. Hanya, manusia biasa dengan segala kekurangan dan kelebihan, tapi kami sudah terbukti mampu melewati semua rangkaian Latsar dengan baik, inshaAllah.

Asline pengen nulis, “kami kelompok latsar terbaik”, “kami kelompok latsar low profile”,  tapi emohlah, ngguyahi segoro jenenge, isin ambek semut. Karena pada dasarnya, kita tidak bisa menentukan dengan siapa kita latsar, di angkatan mana kita harus berangkat, dengan sistem apa, dengan binsik siapa, kita hanya orang-orang yang kebetulan di tetapkan di suatu tempat dan berusaha melakukan semuanya dengan baik. Meleset sedikit yang membuat daftar, pasti jadinya bukan di kelompok CXI, tapi di kelompok yang lain. Mungkin ada satu dua hal yang membuat angkatan kita berbeda dengan yang lain, tapi bukan berarti hal itu membuat kita lebih baik atau sebaliknya. Semuanya sama saja, semua berusaha berproses menjadi lebih baik

Oke, daripada berlama-lama, langsung saja aku mau cerita proses Latsar dari awal hingga akhir ya. Check it out.

Pemanggilan Peserta Latsar tahun 2019

Perlengkapan Latsar [sumber foto : grup WA]

Kegiatan pemanggilan ini dilakukan pada Jumat, 11 Oktober 2019 bertempat di Gedung GSG Kabupaten Pasuruan. Di situ kamu membawa berkas berupa fotocopy SK CPNS 3 lembar, fotocopy ijazah terakhir, dan juga materai Rp 6000. Di tempat tersebut diberitahukan bahwa Latsar dilaksanakan dari 13 Oktober 2019 hingga 04 Desember 2019. Untuk pemanggilan ini, aku masih ingat berangkat bersama Mbak Bunga dan Mbak Putri.

Hari Keberangkatan Latsar

Barang bawaan teman-teman Latsar (sumber gambar : grup WA)
Di hari sebelum keberangkatan, kami sudah mempersiapkan perlengkapan jauh-jauh hari. Seperti baju putih, dan lainnya nampak sudah diatur. Namun semakin mendekati hari H, rasanya ada saja yang masih kurang. Karenanya, aku dan mbak Putri masih sempat belanja perlengkapan sepatu, kaos kaki, dan printilan lain di pasar Nongkojajar. Untuk menghindari barang ketinggalan, aku dan Mbak Putri saling cek list barang bawaan masing-masing sebelum berangkat melalui WA.

Update keberangkatan dan kamar saat di tempat Latsar (sumber foto : grup WA)
Oia, saat aku belum berangkat, peserta lain di grup Latsar CX CXI sudah update foto barang bawaan, perjalanan ke tempat Latsar, bahkan juga update tempat tidur yang didapat selama Latsar. Sedangkan aku dan Mbak Putri masih menunggu Pak Ferguso yang belum juga hadir. Setelah semua lengkap, kami pun berangkat dan kebetulan sampai di tempat Latsar saat pembagian kelompok akan dimulai. Pembagian kelompok cukup simple hanya dengan teknik baris berbaris. Oia sebelumnya aku mau cerita kalau aku dan Mbak Putri kedapatan kamar yang sama. Yeeyyy....

Teman sekamar

Ditakdirkan Menjadi Bagian CXI

Sebelumnya aku bercerita bahwa pembagian kelompok hanya dilakukan di lapangan dengan sistem baris berbaris. Nah, dengan takdir tersebut aku tergabung dengan kelompok CXI. Selain CXI, ada satu kelompok lagi CX yang juga satu waktu dan satu tempat dalam melakukan Latsar dengan kami. Hanya saja beda kelas. Aku pun ingin menceritakan tentang CX, sayangnya aku tak banyak membersamai mereka. Karenanya, tidak banyak yang bisa aku ceritakan. Yang aku tahu dengan baik, mereka adalah partner yang sangat menyenangkan.

Oia, berikut adalah foto CXI pada 14 Oktober 2019.

Dan ini merupakan foto setelah dilakukan pembukaan Latsar angkatan CX dan CXI


Mendalami Materi Mulai Nasionalisme Hingga Anti Korupsi

Ada banyak materi yang diterima peserta latsar mulai dari anti korupsi, etika publik, habituasi, komitmen mutu, manajemen ASN, nasionalisme, pelayanan publik, whole of government, dan banyak lagi lainnya. Tidak hanya disuguhi materi, peserta juga diajak berdiskusi untuk memecahkan isu-isu kekinian yang ada di lokal Indonesia hingga isu global yang sedang hangat diperbincangkan. Ada juga sesi untuk maju menyuarakan pendapat tentang sesuatu hal.
Nah, berikut ini rekam jejak sebagian kelompok selama materi.
Kelompok presentasi materi
Kalau yang ini kelompok video
Kelompok good job asek asek good job, apalah kami...

Oia hampir lupa. Aku punya tips bagaimana menghindari kantuk saat materi berlangsungadalah dengan memakan permen mint yang tengahnya pahit atau permen pedas. Bisa juga, taruh di mulut keripik pedas. Fungsikan sebagai permen bukan camilan. Nek camilan yo sido rame kelase, kriuk-kriuk dong.... Btw, terima kasih Dokter Silviyang memenuhi asupan permen dan jajan teman-teman selama Latsar. 

Berikut sisa-sisa kenangan CXI dan para widyaiswara


Materi Bela Negara

Dari sekian banyak materi, yang cukup membuat saya ketar-ketir adalah baris berbaris (bagian dari bela negara). Sebab merasa diri tidak pandai dalam olah gerak beraturan macam ini. Tiap kali ada aba-aba, tentu saja saya serius sekali mendengarkan. Sayangnya, tidak selalu keseriusan itu membuahkan hasil. Beberapa teman sering mengingatkan saat berbaris saya kurang lurus, umek, atau langkahnya tidak sama. Bahkan pernah, di suatu pagi saat turun subuh, saya pernah tertidur saat yang lain justru dengan aba-aba maju jalan. Jadilah, barisan di belakang saya kacau. Hmm.... 

Oia, saat materi baris-berbaris diakhiri dengan lomba PBB. Dan hasilnya, kelompok Latsar CXI mendapat juara harapan. FYI, juara harapan ini didapat dengan peserta yang hanya empat peleton. Bisa menyimpulkan sendiri kan? 

Kegiatan Apel Pagi dan Apel Malam


Kegiatan lain yang rutin dilaksanakan saat Latsar adalah apel pagi dan apel malam. Kedua apel ini memiliki petugas yang dipilh sebelumnya. Setelah terpilih, para petugas didampingi para senat berlatih untuk kelancaran apel. Selama Latsar, saya sekalipun tidak pernah menjadi petugas apel pagi dikarenakan keberuntungan. Alhamdulillah, wasyukurillah... hehehe

Piket Tamu dan Jaga Lobby


Kegiatan pembelajaran di kelas umumnya dimulai pukul 07.00 selepas apel pagi. Setelah itu dilanjutkan materi hingga pukul 17.00 dengan diselipi sholat di jam sholat seperti dhuhur dan ashar. Selanjutnya di pukul 17.00 hingga 18.00 ada piket tamu. Lepas pukul 18.00 ada materi hingga jam apel malam sekitar pukul 21.00. Selepas pukul 9 malam ada piket menjaga lobby bergantian hingga pukul 02.00.

Piket tamu sembari menikmati jus pemberian Mbak Devi
Piket menyiapkan makanan

Seminar Ide Aktualisasi


Seminar ini dilakukan di hadapan penguji, coach, dan mentor yang bertujuan untuk mengemukakan ide aktualisasi yang akan dilakukan di unit kerja masing-masing. Gambaran seminar ide ini mirip seperti seminar proposal saat skripsi. Yang dipaparkan pun adalah bab satu hingga bab tiga.

Mentoring dan Coaching

Mentor bisa disebut juga penasehat yang turut memberikan masukan mulai dari ide hingga hasil aktualisasi yang sudah kami buat. Kebetulan saat itu aku, Abah Adam, Mbak Aulia, Mbak Eta, Pak Yusron dan Mbak Asma memperoleh mentor yang merupakan Kepala GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Bapak Imam Supi’i.

Untuk Coach-nya adalah Bapak Sofwan yang merupakan Widyaiswara Provinsi Jawa Timur, beliau juga merupakan mantan Sekda lho. Di beberapa kesempatan, beliau sering berbagi tentang pengalaman hidup. Dan yang paling berkesan di saya adalah, the power of sedekah.

Kegiatan Aktualisasi


Kegiatan aktualisasi ini merupakan rangkaian yang nggak terpisahkan dalam proses Latsar. Mulai dari rencana kegiatan, pelaksanaan melipatkan para senior, pimpinan juga objek pelayanan kita di masing-masing tempat kerja.

Seminar 2 (Seminar Hasil)
Seminar hasil merupakan proses menyajikan hasil aktualisasi beserta bukti-buktinya baik berupa dokumen maupun file foto dan video. Seminar ini merupakan puncak dari kegiatan Latsar selama 51 hari.
Setelah melakukan seminar dua atau seminar hasil aktualisasi

Tim Nggak Pulang

Saat kamu sedang Latsar, ada masa yang dinamakan IBL atau pulang ke rumah saat hari sabtu malam hingga minggu sore. Karena saat Latsar, sepanjang waktu kamu diwajibkan untuk berada di asrama. Khusus hari Sabtu malam hingga Minggu sore kamu boleh pulang ke rumah. Tapi meski ada izin ini, beberapa orang justru melewatkannya. Entah dengan alasan apa, yang jelas mereka memilih menetap di asrama. Pun juga aku, dan jangan tanya mengapa, hehe....

Ice Breaking dan yel-yel kelompok


Seperti pelatihan pada umumnya, untuk menghilangkan kejenuhan dilakukan ice breaking entah dengan lagu-lagu dari coach atau yel-yel kelompok



Perpisahan Latsar

Sebelum diadakan perpisahan, sebagian anggota CX dan CXI melakukan rapat seusai kegiatan seminar pendidikan di UM. Rapat kecil-kecilan yang lebih banyak kegiatan makan ketimbang rapat itu membahas perihal seperti apa kegiatan perpisahan akan dilakukan.

Setelah mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya teman-teman sepakat menggelar bakti sosial bagi anak yatim di sore hari. 
Santunan anak yatim bertepatan dengan penutupan Latsar

Di malam hari, ada awarding bagi peserta Latsar. Untuk awarding akan ada postingan tersendiri untuk menguraikan kategori apa yang dimenangkan dan siapa menenangnya.
Pemenang Awarding Latsar CX dan CXI 2019 



Oia, selain ada awarding dan sing songs, ada juga pernak-pernik yang meliputi background bertuliskan *angkatan CX & CXI* serta ada tulisan-tulisan yang bisa dipegang dengan berbagai pesan di dalamnya. Dengan printilan tersebut, kita bisa lebih maksimal mengabadikan hari terakhir pelatihan di SKB Pandaan.
Tulisan dan pernak-pernik inagurasi Latsar
Itu dia cerita tentang Latsar yang saya jalani bersama teman-teman yang hingga hari ini masih selalu ricuh di grup, tapi selalu saja membahagiakan. Kalau ditanya bagaimana endingnya? Tentu saja ini tidak memiliki akhir, inshaAllah kita akan selalu bersama meski tidak selalu bersua. Kami, InshaAllah, kita akan selalu mendoakan yang terbaik bagi masing-masing. Karena bahkan sejauh apapun, doa akan sampai bukan?


With All of My Heart, Aini. 

I keep our photographs, and i know it save me well



Comments