Cara Ini Ampuh Banget Atasi Rambut Kering

Merawat rambut bisa jadi gampang-gampang susah. Masalah rambut pun bisa beragam bentuknya, dan biasanya dapat menimpa siapapun termasuk kita. Mulai dari rambut lepek, berketombe, mengembang, dan yang paling umum dan sering terjadi adalah rambut kering.

Rambut kering

Rambut kering terjadi karena beberapa sebab di antaranya kurang perawatan setelah beraktivitas, tidak rajin merapikan rambut, membiarkan ujung rambut bercabang, kesalahan keramas, dan membiarkan tubuh kekurangan nutrisi.

Jika dibiarkan, rambut kering kan menuju fase kerusakan yang lebih parah lagi. Karenanya, kita perlu melakukan langkah-langkah tertentu untuk mengatasi masalah rambut kering ini. Nah, berikut ini ada beberapa cara ampuh mengatasi masalah rambut kering yang wajib kamu simak.

Rutin menutrisi rambut dan kulit kepala

Langkah penting dalam mengatas rambut kering adalah memberikan nutrisi yang cukup bagi rambut dann juga kulit kepala. Asupan nutrisi ini bisa didapatkan dengan dua cara. Pertama, memberikan nutrisi dari luar dengan perawatan rambut yang sesuai. Kedua, memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam tubuh melalui konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Nutrisi dari dalam bisa dilakukan dengan konsumsi buah-buahan, sayur, dan makanan bergizi serta minum yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik. Sebab tubruh yang terdehidrasi akan lembab dan cukup untuk membuat rambut dan kulit kepala sehat. Sedangkan untuk nutrisi dari luar, kita bisa memberikan rambut beberapa perawatan seperti serum rambut. Terdapat banyak sekali produk nutrisi rambut yang bisa dikonsultasikan dengan dokter. Salah satunya ada Dove Super Conditioner Damage Treatment untuk menutrisi rambut kita.

Menggunakan Kondisioner

Kondisioner merupakan produk yang dapat membuat kutikula tetap sehat. Selain itu, kondisioner juga mampu menjaga kadar minyak alami di rambut. Paling penting, kondisioner dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat. Karenanya, penting memakai kondisioner setelah membersihkan rambut dengan shampoo.

Jangan Keseringan Mencuci Rambut

Pemilik rambut kering cenderung melakukan cuci rambut dengan frekuensi yang sering. Mungkin mereka merasa membasahi rambut membuat rambut tidak kering. Padahal, kebiasaan mencuci rambut setiap hari justru akan membuat rambut bertambah kering dan rusak. Idealnya, cuci rambut dilakukan 1 hingga dua kali saja seminggu. Atau kita bisa mencuci rambut saat kotor misalnya dua hari sekali.

Lindungi Rambut Saat Berada di Luar Rumah

Seperti kulit, rambut pun juga perlu dilindungi saat terpapar sinar matahari terlalu lama. Karenanya, jika cuaca mulai panas, jangan lupa memakai topi atau penutup kepala lainnya. Pun saat berenang di kolam atau laut, pakailah pelindung kepala agar rambut terlindungi dari zat klorin atau garam yang terdapat pada air.

Pakai Alat Styling Rambut Sewajarnya

Memakai alat styling rambut memang sangat membantu kita untuk meningkatkan visual. Tapi terlalu sering menggunakannya bisa menjadi boomerang lho. Alat styling rambut seperti catokan, pengeriting, dan pengering rambut nyata-nyata memberikan panas ke rambut. Nah, sering menghantarkan panas ke rambut jelas seperti memasukkan kue di dalam oven. Yang awalnya adonan basah menjadi kering. Intinya, penggunaan alat styling rambut terlalu sering akan membuat rambut kita rusak lho. Baiknya, gunakan alat styling rambut saat kondisi mendesak saja atau ada momen penting dalam hidup kita.

Nah, itulah lima hal yang wajib diperhatikan agar kita bisa mengatasi masalah rambut kering. Jika sulit untuk menerapkan semuanya, pelan-pelan saja membiasakan diri ya. Ingat, rambut sehat memang butuh usaha tidak instan. Yuk, tetap semangat.

With all of my heart, Aini

Comments