5 Manfaat Senam Irama yang Sering Diabaikan

Menjalani hidup ini, tentunya kita ingin semuanya berjalan lancar, damai, dan indah-indah saja ya. Kalau bisa, tidak ada tuh episode musibah yang harus kita lewati. Namun kenyataannya resiko terhadap bencana dan musibah tetap ada. Nah yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir hal tidak enak yang bisa saja menimpa kita. Dan yang paling bisa kita usahakan adalah kesehatan diri kita.

manfaat senam irama

Mendapat tubuh yang sehat bisa diusahakan dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita pilih misalnya lari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Salah satu alternatif yang bisa dicoba adalah senam irama. Senam irama ini merupakan gerakan senam yang diiringi musik tertentu. Selain musik, senam irama juga terbilang unik sebab ditunjang juga oleh alat yang digunakan saat melakukan senam.

Manfaat senam irama yang dapat dirasakan oleh tubuh tentunya sangat banyak. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh,  media untuk mengekspresikan diri, dan yang utama adalah menjaga kesehatan fisik dan mental. Lebih lanjut, di bawah ini uraian tentang manfaat senam irama. Yuk kita simak.

Menguatkan Otot

Salah satu manfaat senam irama adalah menguatkan jaringan otot pada tubuh. Jika dilakukan secara rutin, senam irama otomatis membuat otot-otot tubuh menjadi lentur dan kuat. Ketika otot menjadi lentur dan kuat, maka jangkauan gerak tubuh akan meningkat, serta mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

Membakar Lemak Berlebih

Seperti jenis olahraga lain, senam irama juga merupakan kegiatan yang mampu membakar lemak berlebih. Semakin rutin melakukan senam dengan durasi yang ideal, maka semakin banyak juga lemak yang akan terbakar. Selain itu, gerakan senam irama cenderung mampu menggerakkan hampir semua bagian tubuh, maka keseluruhan lemak yang ada dalam tubuh kita dapat berkurang dengan lebih merata.

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Beragam variasi gerakan senam irama tidak hanya membuat pelakunya senang dan antusias. Tapi lebih jauh, gerakan senam irama juga dirancang untuk memperbaiki keseimbangan tubuh. Latihan keseimbangan sangat berpengaruh pada postur tubuh. Yang paling penting, senam irama mempunyai peran penting untuk mengurangi resiko pembengkokan tulang belakang. Rutin melakukan senam irama sedari usia muda, akan menghindarkan kita pada ke-bungkukan di masa tua.

Memaksimalkan Fungsi Otak

Banyak yang tidak tahu, senam irama bisa membantu mengoptimalkan fungsi otak. Alunan lagu yang mengiringi gerakan diklaim efektif oleh para ahli dapat menurunkan kadar hormon epineprin dan kortisol. Hormon epineprin dan kortisol akan direduksi dan diganti dengan antidepresan berupa norepineprin. Hal ini membuat stress berkurang dan menghilangkan pemicu timbulnya stress akut. Rendahnya resiko stress membuat kita jauh dari kemungkinan terserang penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer dan sejenisnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu bagian terpenting dalam tubuh adalah jantung. Beruntungnya, salah satu manfaat senam ritmik adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Gerakan senam ritmik yang beragam dengan tempo bervariasi dari cepat hingga lambat, efektif untuk melatih otot jantung secara bertahap. Bagi kita yang jarang berolahraga pun, senam irama bisa dilakukan dan aman. Sebab tempo senam dirancang untuk membuat kinerja jantung tidak terlalu terbebani dan jantung tidak dipaksa bekerja dengan terlalu keras.

Itulah lima manfaat senam irama yang menunjang kesehatan fisik dan mental. Selain manfaat-manfaat di atas, masih ada lagi manfaat lainnya seperti meningkatkan kepercayaan diri. Yuk, dapatkan manfaat hebat dari senam irama dengan melakukannya secara konsisten. Semangatttt....

 

 

 

Comments