Sekian Cara Mencegah Batuk Pilek di Masa Pandemi

 

Masa pandemi yang disebabkan virus Covid-19 belum berakhir ya. Di sekitar kita masih ada sanak saudara, sejawat, bahkan keluarga yang masih bertarung menghadapi virus. Atau bahkan pembaca tulisan ini masih bergelut melawan virus? Jika iya, maka semoga segera pulih sehat sediakala. Yang belum atau sudah pernah tapi pulih, semoga selalu sehat kita semua ya...


Tidak dipungkiri ya, di masa sekarang ini kita semua rentan terserang penyakit batuk dan pilek. Tidak kita, tapi orang tua, dan anak-anak juga menghadapi ancaman yang sama. Khusus untuk ibu-ibu dan orang dewasa yang memiliki anak, tentu wajib mencegah diri dari penyakit tersebut. Sebab jika orang dewasa yang sakit, maka kasihan anak-anak yang belum bisa mengurus dirinya sendiri.

Karenanya perlu pencegahan ekstra bagi orang dewasa agar terhindar dari penyakit batuk dan flu. Salah satunya dengan mengonsumsi obat batuk pilek dewasa . Konsumsi obat penting di tengah flu atau influenza yang menurut Pusat Pencegahan dan Penyakit AS (CDC) mungkin sekali flu akan menyebar bersamaan dengan virus corona.

Terkait pencegahan flu dan batuk, Krintin Englund seorang spesialis penyakit menular membagikan beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri kita dan keluarga agar tidak terserang flu di tengah situasi pandemi.

Nah, berikut ini mari kita simak uraian tips melindungi diri dari batuk dan pilek di masa pandemi.

Melakukan Vaksin

Melakukan vaksin adalah cara mengurangi risiko untuk terinfeksi virus yang menjadi penyebab flu. Di tanah air sudah mulai digencarkan vaksin corona tahap 1 dan vaksin corona tahap 2. Kemudahan mendapatkan informasi pun telah didapat masyarakat dengan akses sosial media. Sehingga, setiap keluarga setidaknya sudah melakukan vaksinasi meski baru tahap 1. Jika belum melakukan vaksinasi, segera daftarkan diri anda di lokasi-lokasi vaksin terdekat yang diadakan pemerintah.

CDC sendiri bahkan merekomendasikan vaksin flu jika vaksin corona belum siap. CDC merekomendasikan agar setiap anak yang berusia di atas enam bulan melakukan vaksin flu agar tidak mudah tertular flu.

Selalu Waspada

Kewaspadaan yang tinggi akan penyebab flu yang menular lewat droplet atau tetesan cairan dari hidung dan mulut penderita flu. Karena itu, pencegahan flu adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin, memakai masker saat beraktivitas, dan juga menerapkan jaga jarak, serta menghindari kerumunan.

Selain itu, rutin melakukan penyemprotan disinvektan di lingkungan sekitar rumah juga bisa mematikan media tempat tumbuh kembang virus.

Berobat Ketika Merasa Sakit

Memiliki gejala serupa, flu dan covid-19 membuat penderitanya merasakan demam, batk, sesak napas, dan nyeri otot. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, jangan menunda-nunda untuk segera pergi ke dokter terdekat untuk melakukan konsultasi. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk tetap beraktivitas jika kondisi tubuh tidak fit. Istirahat cukup dan makan asupan bergizi harus dilakukan untuk mencegah penyakit semakin menjadi.

Memiliki Persediaan Obat di Rumah

Kadang kala penyakit tiba-tiba datang di saat tak terduga. Karenanya, untuk menghindari resiko terkena flu sebaiknya kita memiliki stok obat-obatan. Di antara obat yang perlu ada di rumah adalah obat pereda demam, pereda nyeri otot, dan obat untuk mengatasi batuk. Tak ketinggalan, thermometer sebaiknya ada di rumah untuk memastikan suhu tubuh kita.

Itulah empat hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi batuk pilek yang saat ini rentan menyerang siapa saja. Sebab, lebih baik mencegah bukan ketimbang mengobati?

 


Comments