Berikut 5 Kriteria yang Diperlukan Kandidat untuk Rekrutmen Pegadaian

Pegadaian adalah sebuah lembaga bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menawarkan jasa peminjaman uang kepada masyarakat dengan jaminan benda milik pribadi bagi yang perlu melakukan pinjaman uang. Dengan pengalaman selama lebih dari 100 tahun, PT Pegadaian menjadi lembaga yang dipercaya publik untuk memberikan pinjaman yang terjamin.

 lowongan pegadaian

Untuk pengembangan perusahaan ke arah yang lebih baik dan memupuk kaderisasi yang terbuka, PT Pegadaian membutuhkan sumber daya yang kompeten sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dan selaras dengan perkembangan perusahaan.

Oleh karena itu, bagi pelamar yang saat ini sedang  mencari lowongan kerja di Pegadaian, PT Pegadaian kembali membuka kesempatan untuk fresh graduate maupun kandidat yang sudah berpengalaman.

Dalam menyeleksi calon pekerja, PT Pegadaian memiliki sejumlah kriteria khusus yang ditentukan untuk meningkatkan kinerja perusahaannya. Berikut merupakan kriteria kandidat yang dibutuhkan sebuah perusahaan:

 

  1. Capability (Kemampuan)

Seseorang disebut capable jika memiliki keterampilan atau keahlian dalam melakukan pekerjaan sesuai bidangnya. Biasanya, kemampuan dasar dalam pekerjaan dicantumkan pada pengumuman lamaran pekerjaan yang saat ini mencakup kemampuan berkomunikasi, menggunakan komputer, dan lain sebagainya. Untuk menilai dan menentukan apakah seseorang memiliki kemampuan yang dibutuhkan perusahaan, tim HRD akan melihat hasil tes maupun CV pada saat sebelum melakukan wawancara. Di tengah persaingan yang semakin ketat, jangan hanya mengandalkan sertifikat, ijazah, piagam penghargaan atau kertas-kertas lainnya. Sebab tidak jarang, kemampuan yang dibutuhkan di perusahaan akan berbeda dengan yang dipelajari saat sekolah atau kuliah dulu.

 

  1. Character (Karakter)

Karakter adalah watak dasar manusia yang ditunjukkan dalam perilaku sehari-hari, termasuk sikap sopan-santun, kemampuan mengendalikan emosi, dan bagaimana orang merespons sebuah kejadian di dalam pekerjaan. Untuk menilai watak dasar manusia ini, diperlukan tes psikologis atau psikotes seperti MBTI (Myers Briggs Type Indicator) atau DISC. Tes ini dapat menunjukkan bagaimana watak dasar seseorang dilihat pada kondisi normal dan dalam penuh tekanan. Hasilnya dilaporkan dalam bentuk peta karakter atau personality profile yang disesuaikan dengan bidang pekerjaan. Misalnya, orang yang karakternya teliti dan analitis cocok menjadi programmer atau analis. Orang yang karakternya stabil, cocok untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang rutin di operasional. Sebaliknya, orang yang kurang teliti namun pandai mengemukakan pendapat dan bisa mempersuasi orang mungkin akan cocok ditempatkan di sales atau marketing.

 

  1. Capacity (Kapasitas)

Kriteria ini berkaitan dengan potensi kemampuan seseorang yang ditunjukkan dengan keahlian memecahkan masalah, mengerjakan beban kerja yang berat, dan sebagainya. Untuk menilai dan menentukan apakah seseorang memiliki kapasitas yang tinggi, biasanya HRD akan bertanya bagaimana kemampuan kandidat dalam menangani beban kerja yang tinggi dengan deadline, sebab waktu yang terbatas akan menjadi penyebab stress dalam melakukan pekerjaan. Mereka yang memiliki kapasitas yang besar, tidak akan mudah stress ketika diberikan tugas yang lebih berat dan deadline yang mepet. Tapi mereka yang memiliki kapasitas rendah, akan cepat stres dan menurunkan kualitas kerjanya.

 

  1. Creativity (Kreativitas)

Pekerja masa kini dituntut untuk memiliki sisi kreatif yang ditunjukkan dalam kemampuan memecahkan masalah dengan ide yang out-of-the-box, sehingga solusinya menjadi lebih efektif, lebih efisien, lebih cepat, dan lebih menguntungkan. Mereka yang memiliki kreativitas tinggi biasanya mampu berpikir di luar dugaan orang banyak dan bisa menemukan perspektif atau cara pandang baru yang membuat pekerjaan jadi lebih mudah.

 

  1. Credibility (Kredibilitas)

Kredibilitas ditunjukan melalui kejujuran dan integritas sehingga calon karyawan dapat dipercaya untuk memikul tanggung jawabnya dengan benar. Kredibilitas ini bisa tercermin dari perilaku di pekerjaan sebelumnya. Track record menjadi sangat penting di level pekerjaan lanjutan.

 

Sebagai calon pekerja, jika Anda memiliki 5 kriteria di atas, maka Anda wajib melamar pekerjaan di kantor Pegadaian untuk berkontribusi lebih bagi masyarakat dengan menjadi bagian dari Insan Pegadaian.

 

Sumber:

https://kamus.tokopedia.com/p/pegadaian/

https://ilhamrizqi.com/2013/12/7-kriteria-dasar-memilih-calon-karyawan-7c/


Comments