Jalan-Jalan Ke Borobudur Dan Persiapkan Segalanya Untuk Keseruan Liburan Kamu


Berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah kurang lengkap rasanya jika belum singgah ke Candi Borobudur. Tiket Candi Borobudur yang terjangkau sekaligus sebagai destinasi yang menarik, membuat siapapun yang datang akan merasa ingin kembali lagi. Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, candi ini menjadi tujuan utama banyak wisatawan dari mancanegara yang ingin melihat secara langsung kemegahan Candi Borobudur.



Terutama wisatawan dari negara yang mayoritas beragama Buddha seperti Cina, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Laos. Ketika masa liburan tiba, biasanya Candi Borobudur akan mengalami lonjakan pengunjung, di mana area candi akan dipenuhi oleh wisatawan dari segala penjuru dan saling mengantre untuk bisa berdiri di puncak candi.

Kenapa Wajib Datang Ke Candi Borobudur?

Sebagai salah satu warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO, Anda wajib untuk mengunjungi wisata bersejarah ini. Akan ada banyak hal menarik dan pelajaran berharga yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dari perjalanan wisata yang penuh makna ini. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda wajib untuk datang ke Candi Borobudur.

1.    Reliefnya Yang Menceritakan Kehidupan Sang Buddha

Melalui reliefnya yang berada di dinding candi, di sini lah Anda bisa mengetahui bagaimana kisah kehidupan Sang Buddha yang terkenal dengan welas asihnya dan berbagai ajaran hidup yang sangat baik.

2.    Belajar Akan Nilai Kesopanan dan Etika

Kunjungan Anda ke Candi Borobudur, benar-benar tidak hanya menyuguhkan pengalaman wisata yang menarik saja. Tetapi hal-hal yang mengedukasi juga bisa Anda dapatkan, terutama pelajaran akan nilai kesopanan dan etika yang terasa kental. Di mana Anda harus lah menggunakan pakaian yang sopan ketika mengunjungi candi ini untuk tetap menjaga kesakralan dari Candi Borobudur. Bahkan petugas juga sudah menyiapkan jarik atau kain yang bisa digunakan oleh wisatawan yang mengenakan pakaian minim.

3.    Lokasi Candi Mudah Dijangkau

Lokasinya yang strategis akan memudahkan Anda untuk berkunjung ke Candi Borobudur. Jika Anda tiba di bandara, maka Anda bisa menggunakan bus Damri. Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, Anda bisa menaiki bus trans Jogja menuju terminal Jombor dan melanjutkan dengan menggunakan bus arah Borobudur. Nanti Anda bisa turun di terminal Borobudur. Dari terminal tidak lah jauh menuju candi. Anda bisa menggunakan ojek atau becak atau berjalan kaki sembari mampir di pasar Borobudur.

4.    Banyak Acara Menarik Yang Sering Digelar

Candi Borobudur sering menyelenggarakan acara-cara menarik pada hari-hari tertentu dan beruntunglah Anda jika datang ketika acara sedang berlangsung. Misalnya saja ketika malam tahun baru di area candi biasanya akan menerbangkan lampion secara bersama-sama, acara-acara internasional yang dihadiri artis-artis luar negeri, dan upacara keagamaan.

5.    Dekat Dengan Wisata Lain

Anda bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya yang tidak jauh dari Candi Borobudur, seperti Punthuk Setumbu dan Gereja Merpati. Semuanya bisa Anda datangi dengan harga tiket yang terjangkau.

Tips Ketika Berkunjung Ke Candi Borobudur
Berikut adalah beberapa tips agar jalan-jalan Anda ke Candi Borobudur semakin nyaman dan seru.

1.    Persiapkan Uang Tiket

Persiapkan terlebih dahulu uang tiket Candi Borobudur Anda agar tidak membuat antrean semakin menunggu lama. Terutama ketika liburan tiba yang biasanya menimbulkan antrean menjadi sangat panjang.

2.    Jangan Membawa Senjata Tajam

Hindari untuk membawa barang atau senjata tajam. Karena saat melalui pintu masuk, Anda akan mengalami pengecekan yang ketat oleh petugas.

3.    Mengisi Perut Terlebih Dahulu

Usahakan sebelum berangkat, isilah perut Anda terlebih dahulu. Karena petugas candi akan melarang pengunjung untuk membawa masuk makanan ke area candi. Jika diketahui membawa, petugas akan menyita dan bisa Anda ambil ketika sudah menyelesaikan jalan-jalan Anda di area candi dan mengambilnya di pos yang khusus untuk menyimpan barang-barang yang tersita oleh petugas.

4.    Membawa Payung Atau Topi

Berkunjung ke candi saat siang hari, Anda akan merasakan panas yang terik. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda membawa topi atau payung untuk melindungi Anda dari panas matahari yang menyengat.
5.    Hindari Menggunakan Pakaian Yang Terlalu Tebal

Usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan lebih baik menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Karena perjalanan Anda mengelilingi Candi Borobudur akan banyak menguras fisik dan keringat otomatis akan mengucur. Terutama ketika Anda akan mencapai puncak candi yang harus melalui beberapa anak tangga yang lumayan tinggi.

Tiket Candi Borobudur yang terjangkau dijamin akan membuat Anda puas ketika sudah menjelajahi area candi dengan banyak hal menarik yang bisa Anda nikmati di masa liburan Anda.


Comments